5 Fitur Penting Keselamatan Yang Wajib Ada Di Baju Pabrik

Bagi para karyawan yang bekerja di pabrik, baju pabrik adalah syarat utama yang harus dikenakan saat bekerja. Para pekerja diharuskan mengenakan pakaian yang telah disediakan oleh perusahaan untuk memenuhi standar penampilan dan keselamatan kerja. Artikel ini akan membahas pentingnya baju pabrik dalam konteks keselamatan dan kenyamanan karyawan, serta fitur-fitur keselamatan yang harus ada pada baju pabrik.

Mengapa Baju Pabrik Penting?

Baju pabrik tidak hanya menjadi simbol identitas perusahaan, tetapi juga berperan besar dalam melindungi karyawan dari berbagai risiko kerja. Di lingkungan pabrik, karyawan sering berhadapan dengan berbagai bahaya seperti mesin berat, bahan kimia berbahaya, dan kondisi kerja yang ekstrem. Oleh karena itu, baju pabrik harus dirancang untuk memberikan perlindungan optimal sambil tetap memastikan kenyamanan bagi pemakainya.

Perlindungan dari Bahaya Fisik

Baju pabrik yang tepat dapat melindungi karyawan dari luka, cedera, dan kecelakaan. Misalnya, baju dengan bahan tebal dan tahan robek dapat melindungi karyawan dari benda tajam, sedangkan pakaian dengan fitur tahan api bisa mengurangi risiko luka bakar.

Kenyamanan dalam Beraktivitas

Selain memberikan perlindungan, baju pabrik juga harus nyaman digunakan. Kenyamanan ini bisa didapatkan dari bahan yang ringan, mudah menyerap keringat, dan desain yang ergonomis. Dengan demikian, karyawan bisa bergerak dengan bebas dan bekerja dengan lebih efektif.

Fitur-Fitur Keselamatan pada Baju Pabrik

Selain aspek penampilan dan biaya, fitur-fitur keselamatan kerja juga harus diperhatikan dalam merancang baju pabrik. Fitur keselamatan penting karena pekerja pabrik sering kali bekerja di area yang berisiko tinggi, seperti area minim pencahayaan, yang dilalui alat berat, atau dengan kondisi ekstrem.

konveksi seragam kerja

1. Desain Ergonomis

Pakaian yang nyaman dikenakan saat bekerja bukan hanya dihasilkan dari bahan kain yang lembut atau menyerap keringat. Kenyamanan kerja juga dapat tercipta dengan memperhatikan desain ergonomis yang sesuai dengan gerak tubuh pekerja.

Untuk menciptakan baju pabrik yang ergonomis, desainer harus memahami aktivitas pekerja pabrik. Kebutuhan desain ergonomis bisa berbeda antara satu pabrik dengan pabrik lainnya, tergantung pada jenis aktivitas yang dilakukan oleh pekerja.

2. Identitas Karyawan

Sebuah pabrik biasanya memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan yang bekerja di tempat yang sama. Identitas yang tertera di pakaian karyawan, seperti nama, logo perusahaan, divisi, dan logo K3, memudahkan pengenalan dan memastikan keselamatan saat terjadi kecelakaan kerja.

Identitas pada seragam pabrik diatur secara internal oleh perusahaan dan ada juga aturan dari asosiasi K3 Indonesia mengenai penempatan logo dan identitas lainnya. Identitas ini penting untuk proses identifikasi dan evakuasi korban saat terjadi kecelakaan kerja.

3. Warna Mencolok

Baju pabrik perlu didesain dengan warna mencolok untuk memudahkan karyawan dikenali di area kerja. Warna yang kontras dengan lingkungan kerja, seperti biru, kuning, atau oranye, lebih disarankan dibandingkan warna gelap yang sulit terlihat dalam kondisi bahaya.

4. Reflektor Scotchlite

Reflektor Scotchlite adalah pita reflektif yang memantulkan cahaya saat berada di area minim pencahayaan. Pemasangan reflektor ini biasanya di bagian tubuh yang sering digerakkan, seperti pergelangan tangan dan kaki, untuk memastikan karyawan terlihat dalam kondisi gelap.

Reflektor Scotchlite dapat diaplikasikan dengan berbagai cara, seperti bordir atau sablon, dan penggunaannya diatur dalam kaidah keselamatan kerja terkait pakaian.

5. Sirkulasi Udara

Sebagian besar pabrik memiliki area kerja dengan suhu di atas suhu ruang karena operasi mesin atau panas matahari langsung. Baju pabrik yang baik harus memperhatikan sirkulasi udara antara tubuh dan lingkungan.

Baju pabrik perlu menggunakan bahan berpori besar dan menyerap keringat, seperti kain jersey atau dri-fit, yang mulai marak digunakan di Indonesia. Sirkulasi udara yang baik membantu melepas panas tubuh karyawan dan mempercepat pengeringan keringat, sehingga karyawan dapat bekerja dengan nyaman di lingkungan yang panas.

Pengalaman Konveksi Tambang Jogja

Konveksi Tambang Jogja merupakan salah satu perusahaan semi garment yang sudah berpengalaman selama 12 tahun lebih dalam memproduksi baju pabrik untuk digunakan oleh ribuan pabrik besar di Indonesia. Kualitas produk Boogie Apparel terus dikembangkan dari pengalaman bertahun-tahun dan pemahaman mendalam terhadap pelanggan di industri manufaktur tanah air.

seragam kerja lapangan

Baju pabrik memainkan peran penting dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan karyawan yang bekerja di lingkungan pabrik. Dengan fitur-fitur seperti desain ergonomis, identitas karyawan, warna mencolok, reflektor Scotchlite, dan sirkulasi udara yang baik, baju pabrik tidak hanya melindungi karyawan dari bahaya fisik tetapi juga membantu mereka bekerja dengan lebih nyaman.

Perusahaan harus memperhatikan pengadaan baju pabrik yang berkualitas sebagai bagian dari investasi jangka panjang untuk kesejahteraan karyawan. Pengalaman dan komitmen Konveksi Tambang Jogja dalam menyediakan baju pabrik yang berkualitas tinggi dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain yang ingin memastikan keselamatan dan kenyamanan karyawan mereka. Dengan baju pabrik yang tepat, karyawan dapat bekerja dengan lebih aman dan produktif, sehingga perusahaan pun dapat mencapai hasil yang lebih optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu