Panduan Lengkap Cara Afdruk Screen Sablon untuk Pemula

afdruk sablon

Apakah Anda baru memulai dalam dunia sablon? Jangan khawatir, panduan ini akan membantu Anda memahami cara afdruk screen sablon yang benar. Salah satu langkah penting sebelum memulai penyablonan adalah mengafdruk screen sablon. Bagi pemula dalam bisnis percetakan dan penyablonan, informasi ini akan sangat membantu. Mari kita simak bersama.

Apa Itu Proses Afdruk Screen Sablon?

Proses afdruk screen sablon adalah tahap krusial dalam pembuatan cetakan pada media tekstil atau bahan lainnya. Dalam industri sablon, kualitas hasil cetakan sangat bergantung pada ketepatan dan keakuratan proses afdruk screen. Artikel ini akan menjelaskan secara mendetail tentang proses afdruk screen sablon, mulai dari persiapan alat dan bahan, langkah-langkah proses, hingga tips untuk mendapatkan hasil cetakan yang optimal.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses afdruk screen sablon, persiapkan berbagai alat dan bahan berikut:

  • Campuran emulsi dan sensitizer (obat afdruk sablon)
  • Screen ukuran 40×50 cm dengan kerapatan benang T54
  • Alat aduk plastik
  • Coater
  • Gelas atau mangkuk
  • Film sablon atau kertas HVS yang sudah diolesi minyak sayur atau bensin
  • Kipas angin atau pengering rambut
  • Meja lampu

Langkah-langkah Cara Afdruk Screen Sablon

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengafdruk screen sablon dengan benar:

1. Pastikan Kebersihan Screen

Pastikan screen dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Jika screen kotor atau berdebu, proses penempelan obat afdruk akan terganggu. Hal ini bisa menghambat aliran tinta karena pori-pori kain screen tersumbat oleh debu.

2. Campurkan Dua Komponen Obat Afdruk

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan cairan emulsi dan cairan sensitizer. Emulsi berfungsi sebagai pelapis kedap cairan, sementara sensitizer sensitif terhadap cahaya. Campurkan kedua cairan tersebut dengan perbandingan 1:1, tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata. Perlu diingat, obat afdruk biasanya kedaluwarsa dalam 2 minggu, jadi campurkan sesuai kebutuhan.

3. Oleskan Obat Afdruk ke Screen

Oleskan obat afdruk secara merata dan tipis pada permukaan screen sablon menggunakan alat pengoles seperti coater atau rakel sablon. Lakukan gerakan mengoles dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri, baik di bagian dalam maupun luar kain screen. Pastikan lapisan obat afdruk menutup kain dengan sempurna agar hasil afdruk awet dan berkualitas.

4. Keringkan Obat Afdruk

Setelah mengoleskan obat afdruk, keringkan screen menggunakan rak pengering, pengering rambut, atau kipas angin. Hindari menjemur di bawah sinar matahari karena obat afdruk sensitif terhadap cahaya.

5. Pasang Film Sablon

Pastikan screen dalam kondisi kering sebelum memasang film sablon. Pasang film di bagian luar screen dan gunakan selotip untuk menempelkan film agar tidak bergeser. Perhatikan arah film sablon; untuk sablon normal, film menghadap ke atas, sementara untuk sablon terbalik, film menghadap ke bawah.

6. Proses Penyinaran Screen

Setelah film terpasang, lakukan proses penyinaran. Anda bisa menggunakan cahaya matahari atau lampu. Waktu penyinaran dengan sinar matahari lebih singkat dibandingkan dengan lampu.

7. Siram dengan Air

Setelah proses penyinaran selesai, lepaskan semua peralatan afdruk dari screen dan bersihkan dengan air. Gunakan semprotan air yang kencang untuk membersihkan sisa obat afdruk yang tertutup film, sehingga terbentuk lubang gambar atau efek stensil.

8. Keringkan Screen Kembali

Setelah disiram, keringkan screen kembali, bisa di bawah sinar matahari. Pastikan tidak ada debu yang menempel agar screen tetap bersih.

9. Tutup Bagian Screen yang Bocor

Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada screen setelah kering. Jika ada bagian yang bocor, tutup dengan selotip atau lakban. Periksa juga celah di antara bingkai screen yang mungkin bisa menyebabkan tinta merembes.

Tips dan Trik untuk Hasil Afdruk yang Maksimal

Mencapai hasil afdruk screen sablon yang maksimal memerlukan perhatian terhadap detail dan ketelitian dalam setiap langkah. Berikut beberapa tips tambahan yang bisa membantu Anda:

1. Gunakan Screen dengan Kerapatan yang Sesuai

Pilih screen dengan kerapatan benang yang sesuai dengan jenis desain yang akan dicetak. Kerapatan T54 cocok untuk desain dengan detail yang tidak terlalu rumit. Untuk desain yang lebih detail, gunakan screen dengan kerapatan lebih tinggi.

2. Jaga Kebersihan dan Kualitas Alat

Pastikan semua alat dalam kondisi bersih dan bebas dari residu. Kebersihan alat seperti coater dan screen sangat penting untuk mencegah hasil afdruk yang tidak merata.

3. Kontrol Kelembapan Lingkungan

Lingkungan dengan kelembapan yang tinggi bisa mempengaruhi hasil afdruk. Usahakan untuk melakukan proses afdruk di ruangan dengan kelembapan yang terkontrol. Penggunaan kipas angin atau pengering rambut bisa membantu mempercepat proses pengeringan.

4. Simpan Obat Afdruk dengan Benar

Obat afdruk yang sudah dicampur sebaiknya disimpan di tempat yang gelap dan sejuk untuk memperpanjang masa pakainya. Hindari obat afdruk terkena sinar matahari secra langsung, alangkah baiknya obat afdruk disimpan ditempat yang sejuk.

5. Uji Coba Penyinaran

Sebelum melakukan penyinaran pada screen utama, lakukan uji coba terlebih dahulu dengan menggunakan potongan screen kecil. Ini membantu untuk mengetahui waktu penyinaran yang tepat agar hasil afdruk optimal.

6. Hindari Pemakaian Air yang Berlebihan

Saat membersihkan screen setelah penyinaran, gunakan air secukupnya untuk menghindari kerusakan pada lapisan emulsi. Penggunaan semprotan air bertekanan tinggi disarankan agar residu obat afdruk dapat dibersihkan dengan maksimal.

Sablon Manual

Setelah proses afdruk selesai, Anda siap untuk mulai menyablon. Ikuti langkah-langkah di atas dengan cermat untuk memastikan hasil afdruk screen sablon yang awet dan berkualitas. Dengan panduan ini, Anda bisa mengafdruk screen sablon dengan benar meski baru pertama kali mencobanya. Selamat mencoba!

Nah buat kamu yang mau sablon kaos dengan desain kamu sendiri, kamu bisa banget hubungi kami Konveksi Tambang Jogja atau kamu bisa juga kunjungi Katalog Konveksi Tambang Jogja. Yuk tunggu apalagi, langsung pesan kaos sablon kamu di Konveksi Tambang Jogja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu