Cara Merawat Kaos Sablon Agar Tahan Lama dan Tetap Nyaman

Sablon Kaos

Kaos sablon kini menjadi tren di kalangan anak muda. Selain bisa disesuaikan dengan keinginan, kaos sablon juga nyaman dipakai. Oleh karena itu, tips merawat kaos sablon sering dicari banyak orang.

Jenis-jenis Bahan Kaos untuk Sablon

Berbagai jenis kain tersedia di pasaran, dan masing-masing memiliki karakteristik unik yang membuatnya cocok untuk sablon. Berikut adalah beberapa jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk sablon:

Katun

Katun adalah jenis kain yang sangat populer karena kualitasnya yang unggul. Banyak pengusaha konveksi memilih kain katun untuk kaos sablon karena adem dan nyaman dipakai. Selain itu, katun memiliki daya serap tinta yang baik, sehingga hasil sablonnya lebih tajam dan tahan lama.

Jersey

Bahan jersey terkenal karena ringan dan elastis. Kaos sablon dari jersey sangat nyaman dipakai karena permukaannya halus. Untuk menjaga kualitas sablon dari jersey, penting untuk mengetahui cara merawatnya dengan benar agar kaos tetap awet.

Linen

Linen memiliki tampilan unik dan harganya terjangkau, menjadikannya pilihan populer untuk kaos sablon. Kaos sablon dari linen memberikan kesan kasual dan hasil sablonnya tidak kalah tajam dengan katun. Keunggulan lainnya, harga linen lebih murah dibandingkan katun.

Tips Merawat Kaos Sablon yang Benar

Mengetahui jenis bahan kaos sablon saja tidak cukup. Anda juga perlu memahami cara merawat kaos sablon agar tetap awet dan tampak bagus. Berikut beberapa cara agar kaos sablon Anda Awet:

Cuci Kaos dengan Warna Serupa

Untuk mencegah warna kaos luntur, cuci kaos sablon dengan warna serupa. Mencuci kaos sablon dengan warna berbeda bisa menyebabkan warna saling menempel, merusak tampilan kaos. Dengan mencuci secara terpisah, kaos sablon akan tetap bagus meskipun sering digunakan.

Gunakan Air Dingin

Saat mencuci kaos sablon, gunakan air dingin atau hangat. Air panas bisa membuat tinta sablon luntur. Memilih air yang tepat akan menjaga tampilan kaos tetap bagus dan tahan lama.

Jangan Rendam Kaos Terlalu Lama

Merendam kaos sablon terlalu lama dapat membuat warnanya cepat pudar. Sebaiknya, segera cuci kaos setelah terlihat kotor dan hindari penggunaan pemutih pakaian. Pemakaian pemutih bisa merusak tinta sablon dan kain.

Gunakan Deterjen yang Lembut dan Ramah Lingkungan

Pilih deterjen yang lembut dan ramah lingkungan untuk menjaga kualitas kain. Deterjen yang mengandung bahan kimia keras bisa merusak kain dan lingkungan. Deterjen lembut lebih mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan residu pada kain.

Balik Kaos saat Dicuci

Untuk menghindari sablon retak akibat goresan sikat atau mesin cuci, balik kaos sebelum dicuci. Cara ini melindungi sablon dari gesekan yang bisa menyebabkan kerusakan.

Hindari Menggosok Cetakan Terlalu Keras

Cuci kaos sablon dengan lembut dan hindari menggosok bagian cetakan terlalu keras. Menggosok terlalu keras bisa membuat tinta sablon mengelupas dan permukaan kain merenggang.

Keringkan di Tempat Teduh

Menjemur kaos sablon di tempat teduh menjaga warna tetap cerah dan tidak mudah pudar. Sinar matahari langsung bisa merusak warna kaos. Alternatif lain adalah mengeringkan kaos dengan mesin cuci.

Setrika Kaos dari Dalam

Untuk menghindari sablon lengket saat disetrika, setrika kaos dari dalam. Hindari menyetrika langsung di atas cetakan sablon karena bisa merusak kualitas sablon.

Rekomendasi Penyimpanan Kaos Sablon

Selain mencuci dan mengeringkan, penyimpanan kaos sablon juga berpengaruh terhadap umur panjang dan kenyamanan kaos. Berikut adalah beberapa rekomendasi penyimpanan kaos sablon:

Lipat Kaos dengan Rapi

Lipat kaos dengan rapi untuk menghindari lipatan yang bisa merusak sablon. Hindari menggantung kaos sablon terlalu lama karena bisa menyebabkan kain melar, terutama pada bagian bahu.

Simpan di Tempat yang Bersih dan Kering

Pastikan menyimpan kaos sablon di tempat yang bersih dan kering untuk menghindari jamur dan bau tidak sedap. Tempat yang lembab bisa membuat kaos menjadi bau dan sablon cepat rusak.

Gunakan Pengharum Pakaian

Pengharum pakaian bisa membantu menjaga kaos sablon tetap segar. Namun, pastikan memilih pengharum yang tidak mengandung bahan kimia keras yang bisa merusak kain dan sablon.

Dengan memperhatikan tips mencuci dan merawat kaos sablon di atas, kaos sablon Anda akan tahan lama dan tetap menarik. Warna dan tinta sablon tidak akan cepat pudar, sehingga Anda bisa tampil percaya diri setiap kali mengenakannya. Ingatlah bahwa perawatan yang tepat tidak hanya memperpanjang umur kaos sablon, tetapi juga mempertahankan kenyamanan saat dipakai. Selamat mencoba!

Nah kalau pengen bikin kaos sablon langsung aja hubungi kami Konveksi Tambang Jogja, atau Anda juga bisa kunjungi Katalog Konveksi Tambang Jogja buat lihat-lihat hasil dari produksi kami. Kami tunggu yah pesanan Anda, yuk bikin kaos sablon hanya di Konveksi Tambang Jogja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu