Mengenal Sablon Plastisol

Mengenal Sablon Plastisol: Kelebihan dan Kekurangan Sablon Plastisol

Sablon kaos telah menjadi salah satu metode pencetakan paling populer dalam industri pakaian. Dalam dunia sablon, salah satu teknik yang paling terkenal adalah sablon plastisol. Teknik ini telah menjadi favorit bagi banyak produsen kaos dan pengusaha tekstil karena keunggulannya yang unik. Namun sablon plastisol juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu sablon plastisol, keunggulan dan kekurangannya, serta rekomendasi vendor sablon kaos terbaik di jogja.

Divisi Sablon Manual

Apa Itu Sablon Plastisol

Sebelum kita memasuki pembahasan lebih dalam, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan sablon plastisol. Sablon plastisol adalah metode pencetakan di mana tinta plastisol diterapkan pada permukaan kain dengan menggunakan tekanan tinggi. Tinta plastisol terbuat dari campuran poly vinyl chloride (PVC) yang dicampur dengan plasticizer sebagai bahan pengikat, dan pigmen warna. Tinta Plastisol ini memiliki keunikan yang dapat dilihat pada hasil akhirnya, sehingga membuat sablon plastisol ini di sukai oleh banyak kalangan.

Keunggulan Sablon Plastisol Untuk Sablon Kain

  1. Kekuatan Warna yang Tinggi: Salah satu keunggulan utama sablon plastisol adalah kekuatan warnanya yang tinggi. Tinta plastisol mampu menghasilkan warna yang cerah dan tajam, bahkan pada kain berwarna gelap. Hasilnya adalah gambar yang hidup dan menarik perhatian.
  2. Daya Tahan yang Baik: Sablon plastisol menghasilkan cetakan yang tahan lama. Tinta plastisol memiliki elastisitas yang baik, sehingga tahan terhadap peregangan dan kerutan. Ini membuatnya cocok untuk pakaian olahraga atau pakaian aktif lainnya yang sering digunakan dan menciptakan gerakan intensif.
  3. Kemudahan Aplikasi: Sablon plastisol relatif mudah diaplikasikan bahkan untuk pemula. Prosesnya cepat dan andal untuk mencetak desain yang kompleks dengan detail halus. Tinta plastisol juga dapat dicampur untuk menciptakan berbagai efek warna dan tekstur yang menarik.
  4. Ketahanan Terhadap Cuci: Sablon plastisol tahan terhadap pencucian berulang tanpa kehilangan kecerahan warna atau kejelasan gambar. Ini membuatnya ideal untuk produk-produk yang membutuhkan ketahanan terhadap pencucian, seperti kaos promosi atau seragam perusahaan.
  5. Premium: Sablon plastisol memiliki kesan premium pada setiap hasilnya, hal ini dikarenakan daya tahan dari tinta sablon ini yang kuat dan warna yang dihasilkan cerah.

Sablon Kaos Plastisol

Kekurangan Sablon Plastisol

Seperti lainnya, sablon plastisol juga memiliki kekurangan, berikut kekurangan sablon plastisol:

  1. Tidak Cocok Untuk Semua Kain: Salah satu kelemahan utama sablon plastisol adalah sablon plastisol tidak cocok untuk digunakan pada semua jenis bahan, hal ini dikarenakan plastisol termasuk jenis tinta sablon termoplastik, yang artinya memerlukan suhu panas yang tinggi dalam proses pengeringannya, sehingga jenis tinta sablon plastisol ini tidak cocok dengan jenis bahan kain yang mudah mengkerut ketika terkena oleh panas yang tinggi.
  2. Tidak Ramah Lingkungan: Salah satu kelemahan utama sablon plastisol adalah bahwa tinta plastisol tidak ramah lingkungan. Bahan kimia yang digunakan dalam tinta plastisol, terutama PVC, dapat mencemari lingkungan dan sulit didaur ulang. Oleh karena itu, penggunaan sablon plastisol memerlukan perhatian ekstra terhadap manajemen limbah.
  3. Proses Pengerjaan Yang Lama: Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sablon plastisol merupakan jenis sablon termoplastik, yang dimana dalam proses pengerjaannya memerlukan panas yang tinggi dalam pengeringannya, sehingga proses pengerjaannya pun menjadi lebih lama.
  4. Harga Yang Mahal: Sablon kaos plastisol umumnya dijual lebih mahal. Itu sebabnya sablon plastisol hanya digunakan untuk kaos-kaos yang premium. Namun jika kita melihat dari kelebihan sablon plastisol, kami rasa ini sesuai.

Baca Juga Artikel Lainnya : APA ITU SABLON DTF?

Vendor Sablon Plastisol

Di Jogja, salah satu kota kreatif di Indonesia, terdapat sejumlah vendor sablon plastisol yang berkualitas. Salah satu vendor terkemuka adalah “Konveksi Tambang Jogja“. Konveksi Tambang Jogja terkenal karena kualitas cetakan yang rapih dan pelayanan yang cepat. Selain itu, “Konveksi Tambang Jogja” juga menawarkan berbagai opsi jenis sablon plastisol dan warna untuk memenuhi kebutuhan klien mereka. Jika anda ingin membuat kaos dengan hasil yang premium anda bisa langsung hubungi “Konveksi Tambang Jogja“, yang pasti akan ada garansi di setiap produk yang mereka hasilkan

Dalam kesimpulan, sablon plastisol adalah metode pencetakan yang populer dalam industri tekstil, dengan keunggulan utama berupa kekuatan warna yang tinggi, daya tahan yang baik, kemudahan aplikasi, dan ketahanan terhadap pencucian. Namun, ada juga kekurangan seperti dampak lingkungan yang negatif, ketidakcocokan untuk kain yang tidak tahan akan suhu panas yang tinggi, dan harga yang relatif mahal. Dengan mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan ini, serta memilih vendor sablon plastisol yang tepat, Anda dapat mencapai hasil cetakan yang berkualitas dan memuaskan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu