Apa Itu Bahan Taslan?

Apa Itu Bahan Taslan: Karakteristik, Penggunaan, dan Keunggulan

Taslan. Mungkin sebagian dari kita sudah sering mendengar namanya, terutama jika kita gemar menggunakan jaket tahan air atau pakaian olahraga yang nyaman. Namun, apa sebenarnya bahan taslan itu? Apa karakteristiknya? Dan mengapa bahan ini begitu populer dalam pembuatan berbagai jenis pakaian, termasuk jaket safety tambang dan jaket outdoor? Mari kita jelajahi lebih dalam tentang apa itu bahan taslan.

Jaket Tahan Air
Jaket Tahan Air. Source: Konveksi Tambang Jogja

Apa Itu Bahan Taslan?

Bahan taslan adalah jenis bahan kain yang sering digunakan dalam pembuatan jaket tahan air, pakaian olahraga, dan pakaian safety. Dikenal karena kekuatannya yang tinggi dan kemampuannya untuk menahan air, bahan taslan awalnya dikembangkan oleh perusahaan tekstil asal Amerika Serikat pada tahun 1940-an. Nama “Taslan” sendiri berasal dari proses pembuatannya yang melibatkan teknik khusus yang disebut “Taslanizing”.

Baca Juga Artikel Lainnya: Teknologi Seam Sealing: Manfaat dan Kegunaannya untuk Jaket Waterproof

Karakteristik Bahan Taslan

Bahan Taslan memiliki komposisi bahan yang terbuat dari 100% serat polyester dan lapisan permukaannya yang tahan air. Polyester sendiri adalah serat sintetis yang kuat dan tahan lama, serta mudah untuk pencucian dan cepat kering. Kain Taslan didesain khusus untuk dapat digunakan diberbagai cuaca. Kain taslan memiliki bobot yang sangat ringan, dan juga membantu menjaga tubuh kita tetap kering dan hangat. Bahan taslan memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya banyak digunakan dalam pembuatan pakaian, terutama digunakan untuk pakaian kegiatan luar ruangan dan situasi yang membutuhkan perlindungan tambahan. Beberapa karakteristik utamanya meliputi:

  • Tahan Air: Salah satu keunggulan utama bahan taslan adalah kemampuannya untuk menahan air. Hal ini dicapai melalui perlakuan khusus pada serat kain yang membuatnya menjadi tahan air tanpa mengorbankan sirkulasi udara.
  • Kekuatan dan Ketahanan: Bahan taslan terkenal karena kekuatan dan ketahanannya yang tinggi. Meskipun ringan, kain taslan dapat menahan tekanan dan gesekan tanpa mudah rusak, membuatnya ideal untuk penggunaan dalam kegiatan yang aktif dan berisiko tinggi.
  • Cepat Kering: Selain tahan air, bahan taslan juga memiliki kemampuan untuk mengering dengan cepat setelah terkena air atau keringat. Ini membuatnya sangat nyaman digunakan selama kegiatan fisik yang intens.
  • Ringan dan Lentur: Meskipun kuat, bahan taslan tetap ringan dan lentur. Hal ini memungkinkan pembuatan pakaian yang nyaman dipakai dan memudahkan gerakan tubuh tanpa mengurangi daya tahan dan kekuatannya.
  • Tidak Mudah Kusut: Bahan taslan cenderung tidak mudah kusut, sehingga memudahkan perawatan dan pemeliharaan pakaian yang terbuat dari bahan ini.
Jaket Waterproof
Sumber: Konveksi Tambang Jogja

Penggunaan Taslan dalam Fashion dan Perlengkapan Luar

Penggunaan bahan taslan tidak hanya terbatas pada jaket tahan air atau pakaian olahraga. Bahan ini juga sering digunakan dalam pembuatan berbagai jenis pakaian dan perlengkapan luar ruangan lainnya, termasuk jaket safety tambang dan pakaian kerja yang memerlukan perlindungan tambahan. Beberapa penggunaan umum bahan taslan meliputi:

  • Jaket Tahan Air: Bahan taslan merupakan pilihan populer untuk pembuatan jaket tahan air karena kemampuannya untuk menahan air dan angin tanpa mengorbankan kenyamanan dan sirkulasi udara.
  • Pakaian Olahraga: Bahan taslan sering digunakan dalam pembuatan pakaian olahraga seperti celana panjang, celana pendek, dan kaos atletik karena kemampuannya untuk menyerap keringat dan mengering dengan cepat.
  • Pakaian Safety: Bahan taslan juga sering digunakan dalam pembuatan pakaian safety tambang dan pakaian kerja lainnya yang memerlukan perlindungan tambahan terhadap kondisi lingkungan yang keras dan berbahaya.
  • Tas dan Perlengkapan Luar Ruangan: Selain pakaian, bahan taslan juga digunakan dalam pembuatan tas dan perlengkapan luar ruangan lainnya seperti tenda, tas ransel, dan peralatan camping karena kekuatannya yang tinggi dan kemampuannya untuk menahan cuaca eksternal.

Keunggulan Taslan

Ada beberapa keunggulan yang membuat bahan taslan menjadi pilihan yang populer dalam pembuatan berbagai jenis pakaian dan perlengkapan luar ruangan. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  • Tahan Air dan Angin: Kemampuan taslan untuk menahan air dan angin menjadikannya pilihan yang ideal untuk penggunaan dalam kondisi cuaca eksternal yang keras.
  • Kekuatan dan Ketahanan: Bahan taslan sangat kuat dan tahan lama, sehingga pakaian dan perlengkapan yang terbuat dari bahan ini memiliki umur pakai yang panjang.
  • Ringan dan Lentur: Meskipun kuat, bahan taslan tetap ringan dan lentur, sehingga memberikan kenyamanan maksimal bagi penggunanya.
  • Cepat Kering: Kemampuan taslan untuk mengering dengan cepat membuatnya sangat nyaman digunakan selama kegiatan fisik yang intens.

Bahan taslan adalah pilihan yang populer untuk pembuatan berbagai jenis pakaian dan perlengkapan luar ruangan karena keunggulannya dalam menahan air, kekuatan dan ketahanannya yang tinggi, serta kemampuannya untuk mengering dengan cepat. Dengan karakteristik yang unggul dan berbagai penggunaan yang luas, bahan taslan tetap menjadi favorit dalam industri fashion dan perlengkapan luar ruangan.

Kunjungi juga website kami di www.konveksitambang.com untuk pemesanan jaket, kemeja, kaos, dan lain-lain, dan kunjungi youtube kami konveksi tambang jogja untuk info seputaran fashion.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu