Apa Itu Sablon DTF

Proses Desain Seragam KerjaProses Cutting Seragam KerjaProses jahit seragam kerjaProses Packing dan Quality Control

Apa Itu Sablon DTF (Direct Transfer Film): Kelebihan dan Kekurangan

Sablon DTF (Direct Transfer Film) РDengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini telah merubah juga industri pembuat pakaian, salah satunya dengan hadirnya teknik sablon digital yang bernama sablon DTF (Direct Transfer Film).  Sablon DTF (Direct Transfer Film) merupakan jenis sablon yang di cetak langsung pada kertas transfer film yang lanjut digunakan di bahan tekstil seperti kain, bahan kaos, atau bahan bendera dan lain sebagainya. Untuk Jenis Sablon ini dalam proses pengerjaannya membutuhkan mesin Printer DTF.

Sablon DTF (Direct Transfer Film) pada saat ini semakin menjadi populer dalam industri percetakan tekstil, hal ini dikarenakan waktu pengerjaan yang cepat dan sablon DTF praktis dalam pengerjaannya. Sablon DTF menggunakan film khusus yang dicetak dengan tinta sublimasi, yang kemudian diaplikasikan ke bahan tekstil melalui proses pemanasan.

Pengenalan Sablon DTF

Teknologi sablon DTF menghadirkan alternatif yang menarik bagi pengusaha percetakan tekstil dan produsen pakaian. Prosesnya melibatkan beberapa tahapan, mulai dari mencetak desain pada film khusus menggunakan printer inkjet yang dilengkapi dengan tinta sublimasi, hingga mentransfer gambar tersebut ke bahan tekstil dengan menggunakan panas dan tekanan.

Printer DTF

Printer DTF adalah mesin yang digunakan untuk mencetak desain ke film khusus sebelum diaplikasikan ke bahan tekstil. Sablon DTF ini unggul dalam hal efesiensi dan produktivitas, hal ini karena prosesnya yang singkat dan cepat, membuat printer DTF ini banyak dilirik oleh para pelaku industri percetakan pakaian.

Tahapan Proses Kerja Printer DTF

Berikut kami telah rangkum tahapan proses kerjanya printer DTF dari awal hingga akhir :

  1. Persiapan Desain: Tahap pertama dalam proses kerja printer DTF adalah persiapan desain yang akan dicetak. Desain tersebut dipersiapkan menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Desain kemudian disesuaikan dengan ukuran dan format yang sesuai dengan permukaan bahan tekstil yang akan dicetak.
  2. Cetakan pada Film DTF: Setelah desain siap, langkah berikutnya adalah mencetaknya pada film DTF menggunakan printer inkjet khusus. Film DTF biasanya memiliki lapisan yang dapat menyerap tinta sublimasi atau pigmen, sehingga desain dapat dicetak dengan kualitas yang baik dan tahan lama, sentuhan akhir pada proses ini adalah ditaburnya Powder sebagai perekat agar lebih kuat melekat pada bahan tekstil.
  3. Pemotongan dan Persiapan: Setelah desain dicetak, film DTF dipotong sesuai dengan ukuran dan bentuk gambar yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemborosan film dan memastikan bahwa hanya bagian yang diperlukan yang akan ditransfer ke bahan tekstil.
  4. Transfer ke Bahan Tekstil: Film DTF yang telah dipersiapkan kemudian ditempatkan di atas bahan tekstil yang akan dicetak. Bahan tekstil dan film DTF kemudian ditempatkan di dalam mesin pemanas khusus yang mengaplikasikan panas dan tekanan pada film DTF. Proses pemanasan ini menyebabkan tinta pada film DTF mencair dan menempel pada bahan tekstil, membentuk gambar atau desain yang diinginkan.
  5. Pemisahan dan Penyelesaian: Setelah proses pemanasan selesai, film DTF dipisahkan dari bahan tekstil dengan hati-hati. Hasil cetakan DTF yang dihasilkan kemudian dapat panaskan dan diberi tekanan untuk memastikan ketahanan gambar pada bahan tekstil.

Kelebihan Sablon DTF

Adapun kelebihan dari menggunkan sablon DTF ini adalah :

  1. Kualitas Gambar yang Tinggi: Salah satu kelebihan utama dari sablon DTF adalah kemampuannya untuk mencetak gambar dengan kualitas yang sangat baik. Detail-detail halus dan gradasi warna dapat direproduksi dengan sangat baik, sehingga cocok untuk mencetak gambar dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.
  2. Tahan Lama: Hasil cetakan DTF memiliki ketahanan yang baik terhadap pencucian dan aus, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk produksi pakaian dan tekstil yang akan digunakan secara reguler.
  3. Beragam Bahan: Teknik sablon DTF dapat diterapkan pada berbagai jenis bahan tekstil, termasuk kaos, jaket, topi, dan bahkan bahan elastis seperti spandex.
  4. Waktu Produksi yang Cepat: Proses DTF relatif cepat dibandingkan dengan beberapa metode sablon lainnya. Setelah desain dicetak pada film dan diaplikasikan ke bahan tekstil, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pemanasan dan transfer gambar relatif singkat.
  5. Kemampuan Cetak Full Color: DTF memungkinkan cetakan full color dengan biaya yang relatif rendah, tanpa memerlukan pembatasan pada jumlah warna yang dapat digunakan dalam desain.

Baca Juga: Wearpack Keren dan Safety: Menggabungkan Gaya dan Keamanan di Lingkungan Kerja

Kekurangan Sablon DTF

Adapun kekurangan sablon DTF ini adalah:

  1. Biaya Awal yang Tinggi: Meskipun biaya produksi per item mungkin rendah, biaya awal untuk memulai produksi dengan teknik sablon DTF bisa sangat tinggi. Ini termasuk biaya peralatan seperti printer inkjet khusus, film DTF, dan perlengkapan lainnya.
  2. Keterbatasan pada Bahan yang Tidak Rata: Sablon DTF lebih cocok untuk bahan tekstil yang datar atau hampir datar. Bahan-bahan yang memiliki permukaan yang tidak rata atau berstruktur kompleks mungkin tidak cocok untuk metode ini.
  3. Keterbatasan pada Bahan Tertentu: Meskipun DTF dapat diterapkan pada berbagai jenis bahan, ada beberapa material tertentu yang mungkin tidak cocok untuk proses ini, seperti bahan dengan suhu leleh rendah atau bahan yang tidak tahan panas.

Sablon DTF (Direct Transfer Film) menawarkan solusi cetak yang inovatif dan berkualitas tinggi untuk industri tekstil. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kelebihannya dalam hal kualitas gambar, kecepatan produksi, dan kemampuan cetak full color membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi banyak produsen pakaian dan pengusaha percetakan tekstil. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, sablon DTF memiliki potensi untuk menjadi salah satu metode sablon yang dominan dalam industri ini. Konveksi tambang jogja pun mengikuti perkembangan teknologi pada aspek sablon digital, silahkan kunjungi website kami di www.konveksitambang.com atau anda juga dapat kunjungi instagram kami di @konveksijogjaa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu