Macam-Macam Jenis Mesin Potong Kain.

Macam-Macam Jenis Mesin Potong Kain.
Macam-Macam Jenis Mesin Potong Kain.

Macam-Macam Jenis Mesin Potong Kain : Tips Memilih Mesin Potong Kain

Seperti yang kita ketahui bersama untuk menjadi sebuah pakaian jadi yang sudah dipakai oleh kita tentu ada proses yang dilewati sebelum menjadi pakaian jadi. Salah satu proses yang dilewati itu adalah proses memotong bahan kain menggunakan mesin potong kain dan mesin potong kain ini menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam proses pemotongan bahan kain di industri garmen. Dengan menggunakan mesin potong kain, proses pemotongan bahan kain menjadi lebih cepat dan menjadi lebih rapih, sehingga alat potong kain ini sangat penting dan wajib ada di industri garmen ataupun konveksi.

Dalam industri garmen untuk menghasilkan pakaian jadi bagus dan baik secara kualitas perlu diperhatikan dalam proses memotong bahan kain. Memotong bahan kain dengan mesin potong memerlukan keahlian khusus, yang membuat hasil potongan menjadi rapih dan presisi, hal ini juga mempermudah proses selanjutnya yaitu proses jahit.

Jenis-Jenis Mesin Potong Kain

Penting untuk kita ketahui juga jenis-jenis mesin potong kain, hal ini bukan hanya sebagai pengetahuan belaka namun dengan mengetahui jenis-jenis mesin potong kain kita dapat menentukan mesin potong mana yang cocok untuk kita gunakan untuk memotong kain yang akan kita potong.

Adapun proses awal sebelum memulai proses memotong kain, yaitu proses pembuatan desain pola lalu setelah proses desain pola selesai lanjut kita gambar pada tumpukan kain, dan barulah kita lanjut ke proses pemotongan kain hingga finishing.
Untuk produsen dengan skala besar seperti industri garmen, sudah pasti memiliki alat yang khusus digunakan untuk memotong kain dalam jumlah besar. Oleh karena itu dalam setiap mmesin potong kain memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Berikut beberapa mesin potong kain yang umumnya digunakan.

1. Straight Cutter

Mesin Pemotong kain ini menggunakan mata pisau lembaran kurus yang ukurannya antara 5-14 inchi. Mata pisaunya ini terbuat dari plat baja yang membuat mata pisaunya ini memiliki ketahanan yang lama dan dapat bekerja secara optimal. Saat mesin pemotong ini dijalankan makan mata pisaunya akan bergerak naik turun otomatis, dan melalui gerakannya ini mesin akan memotong tumpukan atau susunan kain dengan kapasitas tertentu, tumpukan atau susunan kain menyesuaikan dengan tebalnya bahan tersebut.

2. Rotary Cutter

Sepertin namanya mesin pemotong ini menggunakan atau dilengkapi dengan mata pisau yang berbentuk piringan yang diameternya antara 2,6 hingga 10 inchi. Pada saat memomotong kain maka mata pisau bergerak memutar dan bisa digunakan untuk memotong berbagai macam jenis kain, kelebihan memotong menggunakan mesin ini hasil potongan yang lebih akurat dibandingkan memotong menggunakan mesin straight cutter.

Baca Juga : Proses Potong dan Jahit Jeans : Mempelajari Langkah-Langkah Pembuatan Jeans.

3. Mesin Auto Cutter

Mesin auto cutter memiliki kelebihan karena mesin ini menggunakan sistem yang sudah terkomputerisasi, hal ini memudahkan dan membuat efesiensi waktu. Mesin ini didesain khusus untuk dapat memotong berbagai jenis pola dalam tumpukan pendek maupun tinggi secara otomatis. Mesin ini juga dapat menerima perinta yang sudah diatur melalui software marker.

Cara kerja mesin ini untuk proses memotong menggunakan mesin Auto cutter, yang pertaman harus dilakukan adalah desain digital harus kita persiapkan terlebih dahulu lalu membuat susunan pola pada kain, selanjutnya berikan sebagai perintah pada mesin menggunakan software maker. Mesin ini merupakan meisn potong kain dengan teknologi paling canggih di produksi industri garmen.

4. Band Knife

Mesin pemotong band knife memiliki mata pisau berbentuk pipih yang dimana kedua ujung mata pisau saling menyambung. Cara kerja mesin pemotong ini, mata pisau digerakkan oleh roda penggerak yang dimana roda ini juga sebagai pengatur ketegangan dari mata pisau.

Ketika proses pemotongan kain, mata pisau akan bergerak secara melingkarĀ  menghasilkan gerakan statis. Pada mesini ini kita yang mendorong bahan mengikuti pola yang ada pada kain.

5. Laser Cutting

Mesin pemotongĀ  laser cutting otomatis adalah mesin yang paling baru dan sudah dilengkapi dengan teknologi komputerisasi yang membuat mesin ini dapat menghasilkan potongan kain yang rapih dan lebih akurat. Mesin ini akan mengeluarkan sinar laser yang memiliki ketebalan 0.1 mm. Mesin ini bisa menghasilkan bentuk, ukuran, dan pola pakaian yang sesuai dengan kita inginkan. Dengan sistem kerja mesin laser cutting ini kita mampu meminimalisir kesalahan yang mungkin akan terjadi.

Baca Juga : Proses Pembuatan Baju Safety: Memastikan Perlindungan Maksimal di Tempat Kerja

Dengan banyaknya jenis mesin potong tentu akan membuat kamu menjadi bingung memilih mesin potong yang akan kamu gunakan untuk pekerjaan memotong kain, untuk mendapatkan potongan kain yang sesuai, penting kamu untuk memilih mesin yang cocok untuk kebutuhan kamu, hal ini dapat dilihat dari kapasitas, susunan kain, dan jenis bahan tekstile yang akan kamu potong. Kamu juga bisa lihat proses produksi dari konveksi tambang jogja di instagram kami @konveksijogjaa, atau kamu juga bisa kunjungi website kami www.konveksitambang.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu