Makna Logo K3 Pada Kemeja Safety

Makna Bordir Logo K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Pada Kemeja Safety

Makna Logo K3 – Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah bagian terpenting dari setiap lingkungan kerja yang bertujuan untuk melindungi karyawan dari risiko cedera dan penyakit yang mungkin timbul akibat aktivitas pekerjaan mereka. Salah satu cara yang umum dilakukan oleh perusahaan untuk mengutamakan K3 adalah dengan mewajibkan penggunaan seragam khusus, seperti kemeja safety yang sering kali memiliki logo K3 yang terpampang dengan jelas. Namun, seringkali, makna sebenarnya dari logo K3 yang terdapat pada bordir di kemeja safety tersebut tidak dipahami sepenuhnya. Dalam artikel ini, konveksi tambang jogja akan mengajak kalian menjelajahi makna, pentingnya, dan dampak dari logo K3 ini dalam konteks perlindungan pekerja di tempat kerja.

Bordir Logo K3 Pada Kemeja Safety

Bordir logo K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang terdapat pada kemeja safety tentu bukan hanya sebagai pemanis agar kemeja safety terlihat lebih bagus, tapi tentunya memiliki makna yang tersirat dan juga sebagai pengingat para pekerja yang menggunakan kemeja safety, betapa pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja bagi para pekerja. berikut contoh gambar hasil bordir logo k3 yang ada pada kemeja safety.

Bordir logo Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Gambar: Bordir logo Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Sumber: Konveksi Tambang Jogja

Arti Logo Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Sebagai pembuat kemeja safety konveksi tambang jogja juga perlu mengetahui arti dari logo keselamatan dan kesehatan kerja (k3), dan arti dari logo tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut :

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Gambar: Arti Logo K3, Sumber: Konveksi Tambang Jogja

Palang – Bebas dari Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja (PAK)

Lambang yang sering kita temui adalah lambang palang. Palang menyiratkan begitu pentingnya kita bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja (PAK). PAK adalah kondisi yang dapat saja terjadi yang disebabkan oleh faktor-faktor yang ada di lingkungan kerja, seperti kecelakaan, tersentuh bahan berbahaya, atau beban kerja yang berlebihan. Lambang palang ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja.

Roda Gigi – Bekerja dengan Jasmani dan Rohani yang Sehat

Lambang roda gigi. Lambang roda gigi ini menggambarkan bahwa pentingnya bekerja dalam kondisi kesegaran jasmani dan rohani. Kesehatan fisik dan mental menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan tugas-tugas di tempat kerja. Menjaga kesehatan kita, kita dapat bekerja lebih efisien dan produktif.

Warna Hijau – Keamanan dan Kesehatan (Safety)

Warna hijau adalah warna yang menjadi warna untuk lambang palang dan roda gigi. Warna hijau ini menyiratkan makna keamanan dan kesehatan. Warna hijau ini Sering digunakan sebagai warna dalam konteks K3 karena warna hijau ini memiliki arti atau gambaran positif dengan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Penggunaan warna hijau dalam logo K3 berguna untuk kita ingat pentingnya untuk kita selalu mengutamakan keamanan dan kesehatan di lingkungan kerja.

Warna Putih – Kebersihan dan Kesucian

warna putih yang menjadid warna latar belakang logo K3. Warna putih ini menyiratkan kebersihan dan kesucian. Kebersihan yang terjaga di lingkungan kerja kita dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan risiko penyakit. Logo K3 dengan latar belakang warna putih ini berguna untuk ingatkan kita agar selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja agar nyaman.

Sebelas Gigi Roda – Undang-Undang No 1 Tahun 1970

Jika kita hitung jumlah gigi roda terdapat sebelas. Jumalah sebelas pada roda gigi ini mewakili Undang-Undang No 1 Tahun 1970 yang berkaitan dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.Sebelas gigi roda ini mengingatkan kita untuk selalu patuh pada aturan yang mengatur tentang kesehatan dan keselamatan kerja.

 

Baca Juga: Bahan Ripstop: Pilihan Tepat untuk Pembuatan Kemeja Taktikal

 

Mengapa Bordir Logo Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pada Kemeja Safety ?

Adapun pentingnya bordir logo Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada kemeja safety agar kita semua para pekerja selalu mengingat betapa pentignya keselamatan di lingkungan kerja, berikut 5 hal pentingnya logo K3 pada kemeja safety:

1. Simbolisasi Komitmen Terhadap Kesehatan dan Keselamatan

Logo K3 pada kemeja safety bukanlah sekadar simbol visual semata. Ia mewakili komitmen yang kuat dari perusahaan terhadap perlindungan kesehatan dan keselamatan karyawan mereka. Keberadaan logo ini bukan hanya sebagai dekorasi, tetapi juga sebagai pengingat bagi setiap individu yang mengenakannya bahwa keselamatan mereka adalah prioritas utama perusahaan.

2. Pengingat Akan Aturan dan Prosedur K3

Logo K3 pada kemeja safety juga berfungsi sebagai pengingat akan aturan dan prosedur K3 yang harus diikuti dalam setiap aktivitas kerja. Penggunaannya membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya mematuhi peraturan-peraturan tersebut guna mencegah terjadinya kecelakaan dan cedera di tempat kerja. Dengan logo ini terpampang jelas, para pekerja diingatkan untuk selalu memperhatikan tindakan-tindakan yang dapat meningkatkan keamanan dan kesehatan mereka serta rekan kerja.

3. Identifikasi Perusahaan yang Bertanggung Jawab

Tak jarang, logo atau simbol perusahaan juga tercetak bersamaan dengan logo K3 pada kemeja safety. Hal ini bukan hanya memperkuat identitas perusahaan di mata publik, tetapi juga menunjukkan tanggung jawab perusahaan terhadap karyawan-karyawan mereka. Dengan demikian, karyawan dan masyarakat luas dapat mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang memprioritaskan K3 dalam operasional bisnis mereka. Ini juga menciptakan transparansi dan kepercayaan antara perusahaan dan stakeholders mereka.

4. Peningkatan Citra Perusahaan

Penggunaan logo K3 pada kemeja safety juga berkontribusi pada peningkatan citra perusahaan. Perusahaan yang dikenal aktif dalam menerapkan praktik K3 yang baik cenderung lebih dihormati dan dipercaya oleh karyawan, pelanggan, serta pihak-pihak terkait lainnya. Hal ini bisa berdampak positif pada hubungan bisnis dan reputasi perusahaan secara keseluruhan. Masyarakat akan melihat perusahaan tersebut sebagai entitas yang peduli terhadap kesejahteraan karyawan mereka dan memegang teguh nilai-nilai keselamatan dalam operasi mereka.

5. Pengingat Akan Tanggung Jawab Individual

Ketika seorang pekerja mengenakan kemeja safety dengan logo K3, itu juga menjadi pengingat akan tanggung jawab individual mereka terhadap kesehatan dan keselamatan diri sendiri serta rekan kerja. Logo ini tidak hanya memperkuat tanggung jawab kolektif terhadap K3, tetapi juga menekankan pentingnya setiap individu dalam menjaga lingkungan kerja yang aman dan sehat. Ini menciptakan budaya keselamatan di tempat kerja di mana setiap orang merasa bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan memperhatikan keselamatan orang lain di sekitar mereka.

Kemeja Safety Lapangan
Kemeja Safety Lapangan, Source: Konveksi Tambang Jogja

Logo K3 yang terdapat pada bordir di kemeja safety bukanlah sekadar hiasan atau dekorasi semata. Bordiran logo K3 ini memiliki makna yang mendalam dan penting sebagai pengingat pentingnya keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan pekerja di lingkungan kerja. Penggunaan logo ini bukan hanya sebagai simbol komitmen perusahaan terhadap K3, tetapi juga sebagai pengingat akan aturan, tanggung jawab individual, dan budaya keselamatan yang harus dipelihara oleh semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, pemahaman dan penghormatan terhadap makna dari logo K3 ini sangat penting dalam membangun lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif bagi semua.

Konveksi tambang jogja pun selalu berkomitmen untuk selalu menghasilkan produk kemeja safety yang sesuai dengan kaidah K3, oleh karena itu kami selalu memperhatikan setiap detail dari hasil produksi kemeja safety yang telah kami buat baik dari jahitan hingga bordiran. Berbekal dengan pengalaman yang lebih dari satu dasawarsa konveksi tambang siap menjadi patner anda dalam pembuatakn kemeja safety sebagai kebutuhan perusahaan anda, anda dapat melihat portofolio kami di Instagram konveksi tambang jogja @konveksijogjaa, atau anda dapat kunjungi website kami di www.konveksitambang.com

Kemeja Safety Lapangan
Gambar Kemeja Safety Lapangan, Sumber: Konveksi Tambang Jogja

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu