Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pemahaman dan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu hal yang sangat penting di setiap lingkungan kerja. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini berkaitan erat dengan upaya untuk menjaga keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan para pekerja. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bukan hanya tentang mencegah terjadinya kecelakaan kerja, tetapi juga melingkupi upaya pencegahan terhadap risiko-risiko yang dapat membahayakan kesehatan fisik, mental, dan sosial pekerja.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Source: Konveksi Tambang Jogja

Pemahaman K3

K3 adalah sebuah serangkaian kebijakan, prosedur, dan praktik yang dirancang untuk memastikan bahwa lingkungan kerja aman dan sehat bagi semua orang yang terlibat di dalamnya. Ini mencakup identifikasi dan penilaian risiko, implementasi langkah-langkah pencegahan, serta pelaksanaan tindakan korektif jika diperlukan. Pengertian K3 juga meliputi upaya untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan pekerja dalam menghadapi bahaya dan mengelola risiko di tempat kerja.

Adapun salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keselamatan pekerja adalah dengan melengkapi para pekerja dengan perlengkapan yang standar dari K3. Seperti pakaian dan perlengkapan lainya.

Pelaksanaan K3 berdasarkan pada:

  • UU No 1 Tahun 1970 Mengenai Keselamatan Kerja
  • Permenaker No 5 Tahun 1996 Tentang Sistem Manajemen K3
  • PP No. 50 Tahun 2012 mengenai Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja
  • OHSAS 18001 standar internasional untuk penerapan Sistem Manajemen K3

Tujuan K3

  1. Mencegah Kecelakaan Kerja: Salah satu tujuan utama K3 adalah mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang dapat mengakibatkan cedera fisik atau bahkan kematian bagi pekerja. Langkah-langkah pencegahan seperti penggunaan alat pelindung diri (APD) dan pelatihan keselamatan kerja bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan.
  2. Melindungi Kesehatan Pekerja: Keselamatn dan Kesehatan Kerja (K3) juga memiliki tujuan untuk melindungi kesehatan fisik dan mental pekerja. Hal ini mencakup pencegahan terhadap paparan bahan kimia berbahaya, pengendalian terhadap risiko ergonomi, serta peningkatan kesadaran akan masalah kesehatan mental di tempat kerja.
  3. Meningkatkan Produktivitas: Lingkungan kerja yang aman dan sehat cenderung mendukung produktivitas yang lebih tinggi. Dengan mengurangi absensi karena cedera atau penyakit yang terkait dengan pekerjaan, perusahaan dapat mencapai efisiensi yang lebih besar dalam operasionalnya.
  4. Mematuhi Peraturan: K3 juga menjadi bagian penting dalam mematuhi peraturan dan standar keselamatan yang berlaku. Kegagalan untuk memenuhi persyaratan hukum dalam hal K3 dapat mengakibatkan sanksi hukum dan reputasi yang buruk bagi perusahaan.
  5. Membangun Budaya Keselamatan: K3 juga bertujuan untuk membangun budaya keselamatan di tempat kerja, di mana setiap orang merasa bertanggung jawab atas keselamatan dirinya sendiri dan rekan kerjanya. Budaya keselamatan yang kuat akan menciptakan lingkungan di mana pekerja merasa didukung untuk melaporkan risiko dan mencari solusi bersama-sama.

Dengan memahami pengertian dan tujuan K3 secara mendalam, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif bagi semua orang yang terlibat di dalamnya. Salah satunya adalah dengan memberikan para pekerja pakaian yang standar dengan kaidah K3 atau memiliki fitur-fitur yang membantu mencegah resiko terjadinya kecelakaan.

Konveksi Tambang Jogja adalah sebuah manufaktur yang telah bergerak dibidang jasa pembuatan baju safety yang sesuai dengan kaidah dari K3, berdasarkan pengalaman yang telah kami miliki dengan membuat baju safety untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan ataupun konstruksi, anda dapat mempercayakan pembuatan baju safety anda kepada kami.

Kemeja Safety Lapangan
Source: Konveksi Tambang Jogja
Baju Safety
Source: Konveksi Tambang Jogja

Berikut 7 alasan Mengapa bikin baju safety hanya di Konveksi Tambang Jogja:

  1. Pengalaman dalam bidang pembuatan baju safety telah mencapai 10 tahun lebih.
  2. Dikerjakan oleh tenaga ahli, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.
  3. Penggunaan bahan kain yang terbaik dan disesuaikan dengan kondisi lapangan para pekerja.
  4. Tepat waktu dalam pengerjaan baju safety yang dipesan oleh anda.
  5. Memberikan garansi produk kepada anda.
  6. Pengiriman yang produk yang mudah dan tidak ribet, karena kami bekerja sama dengan ekspedisi-ekspedisi pengiriman.
  7. Harga yang tentunya bersaing dan tetap memberikan hasil yang berkualitas.

Itulah 7 alasan mengapa anda dapat menjadikan kami Konveksi Tambang Jogja sebagai patner anda dalam pembuatan baju safety, anda dapat melihat portofolio kami di instagram kami @konveksijogjaa atau dapat juga kunjungi website kami https://konveksitambang.com/. Tunggu apalagi segera hubungi kami dan pesan baju safety untuk perusahaan anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu