Teknologi Seam Sealing

Teknologi Seam Sealing: Manfaat dan Kegunaannya untuk Jaket Waterproof

Teknologi Seam Sealing – Kemajuan teknologi pada bidang industri pakaian sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas dari hasil sebuah produk pakaian, salah satunya adalah teknologi seam sealing yang telah mengubah cara kita melihat jaket tahan air (Waterproof). pada kali ini Konveksi Tambang Jogja akan menjelajahi teknologi seam sealing dari segi kegunaan dan manfaatnya.

Apa Itu Teknologi Seam Sealing?

Seam Sealing sering kita temui pada jahitan di produk jaket waterproof atau jas hujan. Seam sealing adalah proses dimana jahitan pada jaket atau pakaian waterproof dilapisi dengan bahan yang tahan air untuk mencegah air masuk melalui celah-celah jahitan. Penyegelan jahitan ini dilakukan agar dapat meningkatkan performa dan daya tahan pakaian. Teknologi Seam Sealing dapat kita temui pada perlengkapan outdoor seperti tenda, jaket, ransel, sepatu atau jas hujan. Tujuan menutup jahitan bisa mencegah kelembapan dan air merembes melalui jahitan atau lubang pada kain. 

Macam-Macam Proses Seam sealing

Teknik seam sealing ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan hasil kualitas produk, dikarenakan jahitan pada pakaian waterproof seperti jaket, dan lain-lain menjadi titik lemah, karena air dapat merembes masuk melalui celah di antara jahitan tersebut. Namun, dengan teknologi seam sealing, celah tersebut ditutup rapat sehingga air tidak dapat masuk. Pada umumnya untuk proses seam-sealed menggunakan beberapa metode dan bahan untuk menyegel jahitan seperti berikut:

  1. Tape Seam Sealing: Ini adalah metode yang paling umum digunakan di mana seutas pita tertentu (biasanya terbuat dari bahan seperti polyurethane atau Gore-Tex) ditempelkan di sepanjang jahitan. Proses ini sering dilakukan dengan pemanasan untuk mencairkan pita dan menyatukannya dengan bahan dasar.
  2. Liquid Seam Sealing: Dalam metode ini, cairan khusus (biasanya berbasis silikon atau polyurethane) diterapkan langsung ke jahitan dengan menggunakan sikat atau aplikator lainnya. Setelah mengering, cairan ini membentuk lapisan yang tahan air di atas jahitan.
  3. Hot Melt Seam Sealing: Metode ini melibatkan penggunaan panas untuk mencairkan lilin atau bahan sejenis yang kemudian diterapkan pada jahitan. Setelah mendingin, lapisan tersebut membentuk penyegelan yang efektif.
  4. Welded Seam Sealing: Ini adalah metode di mana lapisan bahan impermeable dilekatkan secara langsung ke bahan dasar dengan menggunakan panas dan tekanan, bukan hanya menutupi jahitan. Ini umumnya digunakan pada pakaian teknis atau perlengkapan outdoor tingkat tinggi.

Penggunaan proses seam sealing ini dapat berbeda dalam proses penerapannya, hal ini dilihat dari bahan yang digunakan, desain, dan tujuan penggunaanya, oleh karena itu alangkah baiknya dalam pembuatan jaket waterproof untuk melakukan konsulitasi terlebih dahulu dengan produsen pembuat jaket waterproof.

Jaket Waterproof
Sumber: Konveksi Tambang Jogja

Manfaat Teknologi Seam Sealing:

  1. Waterproof: Salah satu manfaat utama teknologi seam sealing adalah meningkatkan kemampuan jaket menjadi benar-benar tahan air. Dengan jahitan yang disegel rapat, sehingga air tidak dapat menembus masuk ke dalam jaket, menjaga penggunanya tetap kering bahkan dalam kondisi hujan deras atau salju.
  2. Kedap Angin: Selain tahan air, jaket yang menggunakan teknologi seam sealing juga biasanya memiliki sifat kedap angin yang baik. Hal ini menjadikan jaket semakin nyaman digunakan dalam kondisi cuaca yang dingin dan berangin.
  3. Tahan Lama: Seam sealing tidak hanya membuat jaket menjadi lebih tahan air, tetapi juga meningkatkan daya tahan dan umur pakai jaket secara keseluruhan. Dengan jahitan yang terlindungi dari kelembaban, risiko kerusakan pada jahitan akibat air atau kelembaban berkurang, menjadikan jaket lebih tahan lama.
  4. Kualitas Penyegelan: Teknologi seam sealing terus mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas. Produsen jaket terus melakukan inovasi untuk meningkatkan efektivitas penyegelan, sehingga pengguna dapat lebih percaya diri dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem.
Jaket Waterproof
Sumber: Konveksi Tambang Jogja

Kegunaan untuk Teknologi Seam Sealing:

Kegunaan seam sealing selain untuk Jaket waterproof juga digunakan untuk pemakaian pembuatan jas lab yang berhubungan dengan bahan kimia atau jaket yang kerap digunakan untuk pekerja lapangan konstruksi maupun pertambangan, dengan menggunakan teknologi seam sealing, ini akan mempermudah aktifitas kita di outdoor dan nyaman untuk digunakan dalam situasi cuaca yang ekstrem.

Jaket Waterproof
Sumber: Konveksi Tambang Jogja

Dari kesimpulan yang telah kami coba jelaskan, Teknologi seam sealing telah membawa revolusi dalam industri terutama pada pakaian outdoor, khususnya dalam menciptakan jaket waterproof yang lebih fleksibel dan nyaman. Dengan manfaat seperti tahan air, kedap angin, dan ketahanan yang meningkat, jaket yang menggunakan teknologi ini menjadi pilihan utama bagi para petualang dan pekerja lapangan yang membutuhkan kenyamanan dan kehandalan dalam berbagai kondisi cuaca.

Jika anda sedang mencari produsen yang bisa membuat jaket tahan air anda dapat menghubungi kami Konveksi Tambang Jogja, anda juga dapat melihat portofolio kami di Instagram kami @konveksijogjaa dan anda juga bisa langsung kunjingi website kami di https://konveksitambang.com/

Kami sangat berkomitmen dalam menjaga kualitas produk untuk anda, dan untuk anda kami memberikan konsultasi Gratis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu