Macam-Macam Jenis dan Teknik Bordir.

Macam-Macam Jenis dan Teknik Bordir.

 

Mengenal Macam-Macam Jenis Bordir – Bukan hanya jahitan yang memiliki berbagai macam jenis jahitan, ttetapi bordir pun memiliki jenis-jenisnya yang diterapkan pada mesin bordir komputer, teknik bordir merupakan salah satu as[ek yang penting untuk proses pengerjaannya. Tanpa adanya teknik bordir maka hasil dari bordir tidak akan maksimal.

Bordir juga dikenal dengan menghias kain yang dimana dalam proses menggunakan benang atau pita. Teknik ini telah ada sejak zaman dahulu dan terus berkembang hingga saat ini. Kali ini Konveksi Tambang Jogja akan membahas beberapa teknik yang umum digunakan dalam proses bordir.

Macam-macam daN jenis teknik bordir
Proses Bordir Konveksi Tambang Jogja

 

  1. Bordir Tali Kur (Cord Embroidery)

Tali kur sudah tidak asing lagi bagi pelaku bordir dan pelaku jahit. umumnya tali kur dianyam menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti tas, gelang, dan dompet. Namun siapa sangka ternyata tali kur juga digunakan sebagai pengganti benang untuk dibordir. Bordir menggunakan tali kur ini mengahsilkan efek 3D karena ukuran tali kur yang tebal dibandingkan dengan benang lain umumnya. Hanya saja utuk bordir tali kur ini tidak semua mesin bordir dapat melakukannya. Untuk membordir tali kur perlu mesin bordir berteknologi tinggi agar tidak merusak tali kur. Mesin bordir yang dapat membordir tali kur hanya mesin bordir yang  mempunyai teknologi MCD (Multi Cord Device). MCD menghasilkan bordir yang lembut dan halus walaupun menggunakan tali kur yang bertekstur.

  1. Bordir Payet (Sequin Embroidery)

Sudah banyak mesin bordir yang mendukung bordir payet, umumnya bordir payet diaplikasikan ke pakaian. Namun, saat ini banyak yang mengaplikasikan bordir payet pada tas dengan teknik flip-over sequin atau payet bolak-balik. Untuk bordir payet menggunakan perangkat khusus seperti ESQ-C, Sequin Device IV, dan Sequin Device III Twin Type. Masing-masing perangkat mempunyai fungsinya masing-masing.

  1. Bordir Manik-Manik (Beads Embroidery) 

Selama ini bordir manik-manik (Beads Embroidery) yang kita ketahui dikerjakan secara manual. Bersama dengan teknologi yang semakin meningkat. Melakukan bordir manik-manik dengan komputer dan mesin akan menciptakan gaya berpakaian yang baru, sesuai dengan kemampuan pembuatnya. Desain cukup digambar sesuai keinginan dan dimasukkan ke mesin maka hasilnya dapat begitu memuaskan.

  1. Bordir Benang Tipis

Bordir menggunakan benang tipis dilakukan untuk membordir tulisan yang panjang atau digunakan untuk bordir yang membutuhkan detail bagian bagian kecil. Menggunakan mesin untuk membordir benang tipis sangat cocok untuk membuat hiasan dinding dengan desain sangat detail. Hasilnya pun akan sangat rapi, presisi, dan terlihat cantik dengan berbagai kombinasi warna.

  1. Bordir 3D

Bordir 3D dapat Anda terapkan menggunakan bahan urethane sebagai alas di atas bahan. Jadi urutan dari yang paling bawah adalah bahan, urethane, dan bordiran. Bordir 3D ini hanya dapat diterapkan pada bahan yang kaku. Umumnya teknik ini biasa diaplikasikan ke topi. Mungkin Anda sering lihat topi yang bordirannya terlihat timbul, itu menggunakan bahan urethane. Anda dapat menggunakan teknik bordir ini untuk menarik perhatian customer.

Macam-macam dan jenis teknik bordir
Proses Bordir Konveksi Tambang Jogja

Itulah macam-macam teknik bordir komputer yang umum digunakan dalam proses bordir, jika dibandingkan dengan bordir manual jelas bordir komputer memiliki keunggulan yang lebih baik dari kecepatan ataupun hasilnya yang presisi dan lebih rapih.

Di Konveksi Tambang jogja kami menggunakan mesin bordir komputer yang digunakan untuk membordir berbagai macam jenis jenis bordir dan dikerjakan oleh operator bordir yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

Jika anda sedang mencari Konveksi yang dapat menghasilkan bordiran rapih dan berkualitas anda memilih konveksi yang tepat, segera hubungi kami untuk pemesanan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu