Jenis Jahitan Pada Kemeja

Jenis Jahitan Pada Kemeja: Wajib Untuk Diketahui.

 

Jenis Jahitan Pada Kemeja – Kemeja merupakan salah satu pakaian yang sangat umum digunakan pada kegiatan sehari-hari seperti bekerja dan lain-lain. Dalam proses pembuatan kemeja terdapat berbagai jenis jahitan yang menjadi hal penting untuk diketahui dalam pembuatannya. Jahitan-jahitan ini memberikan karakteristik dan kualitas kemeja, iyang dimana akan menghasilkan kemeja yang nyaman dipakai dan tahan lama. Kali ini kami Konveksi Tambang Jogja akan mengajak anda untuk mengeksplorasi beberapa jenis jahitan dalam pembuatan kemeja yang umum digunakan:

Pada umumnya dalam proses menjahit kemeja ada beberapa jenis jahitan yang digunakan dan diklasifikasikan berdasarkan kelasnya yang terdiri dari jahitan kelas 301, 304, 401, dan 516. Apa itu jahitan kelas 301, 304, 401, dan 516, berikut telah kami rangkum dalam artikel ini jenis jahitan pada kemeja :

  1. Jahitan Kelas 301 – Lockstitch (Jeratan Kunci)

 

Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 301
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 301

Jenis jahitan yang paling umum digunakan adalah jahitan kunci (Lockstitch). Jahitan Lockstitch memiliki tampilan yang rapih dimana jahitan bagian atas dan bagian bawah terlihat sama. Jahitan model 301 (Jeratan Kunci) ini menghasilkan jahitan yang rapat dan kuat, hanya saja untuk proses jahit 301 (Lockstitch) ini memiliki produktivitas yang rendah dikarenakan harus seringnya mengganti gelendong benang bagian bawah.

Baca Juga : Pilih Mana? Kemeja Reguler  atau Slim Fit?

  1. Jahitan Kelas 304 – Jahitan Zig Zag.
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 304
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 304

Jenis jahitan zig-zag pada umumnya digunakan untuk menghasilkan tingkat elastisitas yang lebih tinggi baik menggunakan jenis jahitan lockstitch atau chainstitch. Adapun contohnya jahitan ini dapat kita lihat dalam proses menjahit korset. Untuk menghasilkan pola zig-zag, jarum jahit bergerak kearah samping saat kain dijahit.

  1. Jahitan Kelas 401 – Chainstitch (Jahitan Rantai).
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 401
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 401

Dalam proses menjahit kemeja agar mendapatkan hasil dan tingkat elastisitas yang lebih baik, jenis jahitan 401 chainstitch (jeratan rantai) jarum tunggal sangat cocok untuk digunakan dalam prooses pembuatan kemeja. Adapun kekurangan dalam menggunakan proses jahit ini yaitu adalah hasil jahitan yang terlihat lebih tebal dibandingkan dengan jahitan Lockstitch. Walaupun memiliki kekurangan tersebut jenis jahitan ini memiliki elastisitas yang lebih baik dari jahitan kelas 301 lockstitch dan memberikan lapisan pada bagian bawah jahitan tahan dari kerutan ketika adanya kerutan inheren hal itu biasa terjadi.

  1. Jahitan Kelas 504 – Three Thread Overedge (Obras Tiga Benang).
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 504
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 504

Pada jenis jahitan 504 ini hasil jahitan terbentuk oleh tiga benang, satu benang jarum dan dua benang looper. Daya kekuatan untuk jenis jahitan ini sangatlah bagus dan tidak aka mudah putus jika mendapatkan tarikan. Biasanya jahitan ini umum digunakan untuk mengobras kain agar tidak kusut dan juga digunakan untuk menggabungkan dua bagian kain secara bersamaan. Mesin jahit ini memiliki keunggulan dalam proses pengerjaannya yang cepat dan efesiensi waktu.

  1. Jahitan Kelas 516 – Obras Lima Benang (Jahitan Pengaman).
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 516
Gambar Ilustrasi Jenis Jahitan 516

Jahitan kelas 516 umumnya digunakan untuk jahitan tepi yang membutuhkan kekuatan jahit yang lebih besar. Jenis jahitan 516 merupakan jenis jahitan yang terbentuk dari kombinasi. Kombinasi yang terbentuk dari jenis jahitan ini adalah kombinasi dari jahitan 401 chainstitich (jeratan rantai) dan  504 three thread overedge (Obras Tiga Benang). Hal ini lah yang membuat jenis jahitan ini disebut sebagai jahitan obras lima benang dengan kekuatan jahitan yang lebih baik. Pada jenis jahitan 516, jenis jahitan 401 berguna untuk menahan beban kain sementara jenis jahitan 504 berguna untuk menjahit ujung kain dan memberikan keamanan tambahan dengan kekuatan jahit lebih.

Jahitan Kerah : Konveksi Tambang Jogja
Jahitan Kerah : Konveksi Tambang Jogja
Jahitan Kantong : Konveksi Tambang Jogja
Jahitan Kantong : Konveksi Tambang Jogja

Pengetahuan pada jenis jahitan sangatlah penting berguna untuk menghasilkan hasil jahitan yang rapih dan halus, selain itu juga agar penggabungan komponen pada kemeja tereksekusi dengan baik dan tepat.

Jenis-jenis jahitan yang sudah kami uraikan tersebut hanya merupakan sebagian kecil dari beragam teknik yang dapat digunakan dalam proses jahit menjahit. Dalam proses jahit menjahit sangat dibutuhkan keterampilan, oleh karena itu dalam proses jahit menjahit sangat dibutuhkan pengalaman dalam pengoperasian mesin jahit. Seiring berjalannya waktu, teknik-teknik ini terus berkembang dan menginspirasi kreasi baru dalam dunia fashion dan kreativitas tekstil.

Dan kami Konveksi Tambang Jogja selalu berkomitmen dalam menjaga kualitas terutama pada hasil jahitan yang baik, sehingga tidak hanya sekedar rapih tapi juga ketahanan pada pemakaian juga menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Dengan penjahit yang sudah berpengalaman di Konveksi Tambang Jogja membuat kami menjadi salah satu konveksi terbaik dalam pembuatan Kemeja kebutuhan seragam kerja ataupun untuk Kemeja safety. Berikut hasil produksi kami yang telah kami kerjakan untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak diberbagai bidang industri.

Kemeja Safety
Kemeja Safety
Kemeja Safety Lapangan
Kemeja Safety Lapangan

Silahkan hubungi kami atau anda juga dapat kunjungi instagram kami @konveksijogjaa dan kunjungi juga website kami www.konveksitambang.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu