KEUNGGULAN KAIN DRILL SERAGAM KERJA

KEUNGGULAN KAIN DRILL SERAGAM KERJA

Keunggulan Kain Drill – Kain drill umumnya digunakan untuk pembuatan seragam kerja. Kain ini memiliki karakteristik tersendiri sehingga bahan drill kerap kali menjadi pilihan sebagai seragam kerja. Kain drill tiga karakteristik yang dibagi berdasarkan tingkat ketebalan serat kainnya, dan masing-masingnya memiliki tujuan penggunaannya tersendiri, misalnya untuk kemeja lapangan (migas, perkebunan, dan pertambangan). , seragam pabrik, seragam kantor, jas alamater, dan seragam TNI atau Polri.

Kali ini Konveksi Tambang Jogja akan membahas tentang sejarah kain drill, Jenis-jenis kain drill, keunggulan kain drill, dan tips perawatan kain drill.

1. Sejarah Kain Drill.

Kain drill diambil dari bahasa Jerman “Drillich” yang memiliki arti tiga benang tiga ulir. Kain drill memiliki tiga tekstur pintalan diagonal dengan jalinan benang yang kuat. Ada 2 jenis material yang umum digunakan kain drill ini, kain drill yang menggunakan 100% katun murni dan ada juga yang menggunkan campuran katun dan polyester.

Kain drill digunakan dahulu untuk tentara inggris yang berada di india yang dikenal juga sebagai Khaki Drill (KD). Khaki adalah bahasa india yang memiliki “Khak” yang memiliki arti warna debu, ini dikarenakan kondisi lingkungan pada saat itu seperti debu. Tahun 1840-an, resimen india menggunakan pakai berwarna khaki saat menjaga perbatasan untuk membuat mereka tidak terlihat dan berkamuflase dengan lingkungan perbatasan tersebut.

Perang berakhir dan para tentara masih tetap menggunakan pakaian ini untuk aktivitas mereka sehari-hari. Seiring dengan perkembangan jaman dan trend penggunaanya kain drill pun berubah fungsi digunakan untuk pakaian casual.

2. Jenis-Jenis Kain Drill.

Jika kita ingin mengetahui jenis kain drill maka kita perlu pahami bahwa kain drill dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

  1. Twist atau twill drill, kain drill jenis ini memiliki serat paling kecil
  2. American Drill, kain drill ini memiliki pintalan kain yang berukuran sedang
  3. Japan Drill, kain drill ini adalah jenis kain drill yang paling tebal dibanding jenis kain drill lainnya.

Kain drill ini bisa kita kenali dari karakteristiknya, berikut karakteristiknya :

  • Memiliki teksture serat kain yang diagonal, secara visual seratnya garis-garis miring.
  • Permukaan kain memiliki teksture yang cukup lembut.
  • Kain memiliki jalinan atau tenunan yang kuat dan kokoh.
  • Kain yang tidak mudah kusut.
  • Permukaan kain antara depan dan belakang berbeda.

Bahan drill pada umumnya tidak gerah atau panas ketika digunakan, meskipun bahanya cukup tebal justru ketika digunakan akan terasa adem dan nyaman.

Berikut adalah macam-macam kain drill yang beredar dipasaran:

  • TWIST ATAU TWILL DRILL
KEUNGGULAN KAIN DRILL
Contoh Bahan Twill Drill

Kain twist atau yang biasanya juga disebut dengan Twill Drill memiliki serat paling kecil jika dibandingkan dengan kain drill jenis lainnya, sehingga kain drill ini memiliki teksture yang lembut tapi sulit untuk ditembus oleh air, umumnya kain drill ini digunakan untuk penggunaan jas almamater, atau jas komunitas.

  • AMERICAN DRILL
KEUNGGULAN KAIN DRILL
Contoh Bahan American Drill

Kain drill jenis American Drill atau biasa disebut juga Florida Drill, memiliki serat lumayan tebal, dibandingkan dengan jenis kain Twill Drill. Kain American Drill ini menggunakan material dari katun dan polyester, yang membuat kain American Drill ini memiliki ketahanan yang kuat dan juga adem ketika digunakan. Kain American Drill biasanya digunakan untuk pembuatan kemeja lapangan (PDL), kemeja kantor (PDH), jas almamater, wearpack dan coverall, seragam perusahaan tambang, seragam pekerja konstruksi, dan masih banyak lagi lainnya.

  • JAPAN DRILL
KEUNGGULAN KAIN DRILL
Contoh Bahan Japan Drill

Kain drill dengan jenis Japan Drill memiliki serat diagonal yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kain American Drill dan Twill Drill, sehingga memiliki teksture kain lebih tebal dan kuat dibandingkan kedua jenis kain drill sebelumnya. Material yang digunakan dalam pembuatan kain Japan Drill menggunakan komposisi material katun yang lebih tinggi, oleh karena itu harga untuk jenis kain Japan Drill ini menjadi relative cukup mahal. Walaupun memiliki teksture yang tebal, kain Japan Drill tetap terasa adem dan nyaman bila digunakan. Sehingga kain Japan Drill ini biasanya digunakan untuk memproduksi seragam lapangan. Berikut adalah merek jenis kain Japan Drill terkenal yang beredar dipasaran saat ini:

  • Taipan Japan Drill.
  • Bravada Japan Drill.
  • Obor Japan Drill.
  • Nagata Japan Drill.
  • Verlando Japan Drill.
  • Avana Japan Drill.
  • Namura Japan Drill.
  • Passuka Japan Drill.
  • Hisofy Drill.

3. Keunggulan Kain Drill Untuk Seragam

Kain Drill memiliki beberapa keunggulan yang membuat kain drill menjadi pilihan untuk pembuatan seragam kerja. Berikut adalah beberapa keunggulan bahan kain drill yang kami rangkum.

  • Ketebalan Yang bervariasi (medium to heavy-weight).

Seperti penjelasn sebelumnya, bahan kain drill terbagi menjadi tiga jenis ketebalan berdasarkan ukuran seratnya. Dengan adanya variasi ketebalan ini mempermudah pengguna dalam memilih jenis yang akan digunakan untuk membuat pakaian yang sesuai dengan kebutuhannya, baik untuk seragam kantor, pakaian casual, maupun seragam lapangan.

  • Merupakan bahan yang kuat (strong).

Kain drill memiliki durabilty yang kuat jika ditarik, dtekanan, dan terkena gesekan. Hal ini yang membuat kain drill menjadi pilihan untuk membuat seragam karyawan pabrik, bengkel, perkebunan, seragam industri migas dan pertambangan, seragam militer, dan lain-lain yang membutuhkan material kain yang kuat

  • Awet dan tahan lama (durable).

Jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya yang juga digunakan untuk pembuatan seragam (seperti katun, tropical, kanvas, dll.), kain drill merupakan salah satu pilihan kain yang awet dan tahan lama. Kain drill termasuk jenis kain yang tidak mudah rapuh setelah dipakai dan dicuci berkali kali.

Meskipun tujuan penggunaan dan cara pencucian adalah faktor yang menentukan tingkat keawetan sehingga berapa lama kain tersebut masih layak untuk digunakan. Sebagai catatan agar kain drill memiliki durabilitas yang tinggi ada hal yang perlu diperhatikan yaitu proses pencucian dan cara menjemur pakaian berbahan drill ini benar, dengan begitu warna kain drill akan tetap terlihat cerah dan bagus walaupun digunakan sehari hari.

  • Menyerap keringat dan tidak pengap (breathable).

Kain drill memiliki daya serap yamg baik terhadap air dan juga kain drill memiliki pori-pori, hal ini juga yang membuat kain drill mudah menyerap keringat dan memiliki fitur breathable atau bisa dikatakan juga kain drill memiliki sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu pakaian berbahan drill akan tetap terasa adem dan menyerap keringat saat digunakan kegiatan sehari-hari.

  • Adem dan tidak meleleh jika terbakar.

Walaupun kain drill teksturenya memiliki serat benang yang tebal, namun komposisi katun sebagai salah satu material kandungan kain ini membuatnya tergolong adem dan nyaman saat digunakan sehari-hari. Oleh karena itu cocok pula digunakan untuk membuat seragam chef, kru dapur, atau seragam lapangan yang memiliki suhu panas ekstrem.

  • Merupakan bahan kain dengan serat yang rapat.

Kain drill memiliki pori untuk penguapan keringat, mesikipun begitu kain drill memiliki jalinan benang atau hasil tenunan yang rapat. Hal ini membuat kain drill tidak mudah robek, dan memiliki tekstur yang lembut.

4. Bagaimana Cara Merawat Pakaian Berbahan Drill Agar Tahan Lama?

Sebenarnya untuk cara merawat pakaian berbahan drill tidak begitu sulit, dan umumnya untuk cara perawatan sama seperti bahan pakaian kain lainnya. Untuk lebih jelasnya, kami uraikan sebagai berikut ini.

  • Cara Mencuci Pakaian Berbahan Drill yang Baik: Pencucian kain dril dapat menggunakan mesin cuci ataupun pencucian menggunakan tangan. Untuk perawatan lebih maksimal maka menggunakan pencucian menggunakan tangan hal ini lebih membuat kain drill memiliki durabilty yang lebih lama. Jika dalam proses pencucian anda melakukan proses perendaman harap hindari perendaman yang terlalu lama. Untuk pencucian pertama kali, harap diperhatikan agar memisah kain drill dengan pakaian berwarna lainnya, hal ini bertujuan untuk menghindari lunturnya warna kain lain.
  • Menjemur Pakaian Berbahan Drill: Setelah proses pencucian, jemurlah pakaian berbahan kain drill di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. agar warna pakaian tidak cepat pudar akibat kerusakan yang disebabkan cahaya matahari. Tips tambahan, akan lebih baik jika menjemur dengan membalikkan pakaian berbahan kain drill, dengan bagian dalam yang diluar dan bagian luar yang didalam.
  • Cara Menyetrika Pakaian Berbahan Drill: Ketika menyetrika pakaian berbahan drill, khususnya berbahan twill drill, lebih baik jika menyetrika ketika pakaian masih dalam keadaan sedikit lembab, hal ini bertujuan agar hasil setrika lebih rapih. Jangan gunakan suhu setrika yang panas, karena dapat menyebabkan warna bahan memudar.
  • Cara Menyimpan Pakaian Berbahan Drill:  Tidak ada petunjuk yang mengatur cara penyimpanan pakaian berbahan kain drill ini, tapi alangkah baiknya jika pakaian berbahan kain drill setelah proses setrika digantung, agar lebih rapih.

Itulah sejarah kain drill, jenis-jenis kain drill, keunggulan bahan drill, dan tips perawatan pakaian berbahan kain drill, yang dapat kami rangkum dalam artikel ini. Jika anda ingin membuat kemeja safety untuk kebutuhan pekerjaan lapangan atau pakaian yang berbahan kain drill untuk kebutuhan seragam, maka kami Konveksi Tambang Jogja siap dalam pembuatan :

  • Kemeja Safety
  • Wearpack
  • Seragam Kerja Lapangan (PDL)
  • Seragam Kantor (PDH)
  • Seragam Pabrik
  • Seragam Tambang.
  • Dan lain-lain.
KEUNGGULAN KAIN DRILL
Kemeja Berbahan Kain American Drill
KEUNGGULAN KAIN DRILL
Kemeja Berbahan Kain American Drill

Dengan pengalaman lebih dari 10 Tahun kami sangat memahami kebutuhan anda dalam pembuatan seragam dengan bahan kain drill yang berkualiatas tinggi, jahitan rapih, dan bisa untuk kustom bordir sesuai dengan nama perusahaan anda. Segera hubungi kami. Silahkan kunjungi website kami di www.konveksitambang.com atau anda juga dapat kunjungi instagram kami di @konveksijogjaa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu