PROSES PEMBUATAN KAOS DI KONVEKSI KAOS JOGJA January 30, 2020

Bisnis konveksi adalah bisnis yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat karena pemasaran produk yang sangat luas dan mudah dijangkau. Bisnis ini tidak ada matinya. Setiap tahun tingkat permintaan semakin tinggi.

Untuk pakaian kaos di Indonesia sendiri memang memiliki banyak sekali penggemar. Karena pakaian ini bisa digunakan sehari-hari serta memberi rasa  nyaman saat di gunakan. Dalam bisnis konveksi produksi kaos terdapat beberapa tahapan proses produksi untuk membuat barang setengah jadi menjadi barang jadi / siap pakai. Berikut adalah tahapan proses produksi pada sebuah konveksi produksi kaos :

  • Tahap Memilih Bahan

Tahap paling awal pada produksi kaosadalah memilih bahan yang akan digunakan. Hal ini menyesuaikan dengan permintaan customer berdasarkan kebutuhan dan anggaran yang mereka miliki. Jasa konveksi kaos sudah menyiapkan berbagai jenis bahan kaos yang bisa para customer pilih.

  • Tahap Pembuatan Desain

Dalam pembuatan desain, proses lumayan panjang karena pelanggan harus menentukan desain yang diinginkan. Jika dibuat custom, maka konveksi produksi kaos akan mengikuti sesuai permintaan pelanggan. Tapi jika bukan sesuai permintaan customer, maka jasa konveksi kaos akan membuat desain mengikuti selera pasar yang sedang tren.

  • Tahap Pemilihan Ukuran

Pemilihan ukuran dilakukan sesuai dengan permintaan pelanggan. Biasanya jasa konveksi kaos sudah memiliki hitungan pasti untuk ukuran S, M, L, XL, XXL, dan lain-lain. 

  • Tahap Pendataan Pelanggan

Untuk tahap ini, konveksi produksi kaos harus melakukan pendataan pelanggan jika kita sudah tau bahan kain, desain dan ukuran. Buatkan lembar kerja untuk pesanan yang sudah fix. Biasanya lembar kerja berisikan keterangan umum yang bersangkutan dengan proses produksi.

  • Tahap Pemotongan

Cutting adalah istilah umum yang digunakan pada proses produksi kaos. Tahap ini tidak bisa dilakukan dengan menggunakan sembarangan gunting melainkan dengan mesin pemotong kain.

  • Tahap Penyablonan atau pembordiran

Kebanyakan konveksi produksi kaos menggunakan tinta plastisol saat melakukan penyablonan. Tinta plastisol dipilih karena menciptakan desain gambar yang bagus dan membuat sablon tahan lama. Jika pelanggan menginginkan pesanan nya disablon, maka kain akan masuk pada proses sablon. Proses sablon dilakukan dibagian khusus sablon dan di lakukan oleh operator sablon di konveksi produksi kaos.  Namun, jika pelanggan menginginkan pesanannya dibordir, maka kain akan masuk pada proses bordir. 

  • Tahap Penjahitan

Tahap ini dilakukan dengan menggunakan beberapa mesin, diantaranya : mesin jahit, mesin obras, measin overdeck, tergantung dari bagian kemeja/kaos yang akan dijahit.

  • Tahap Finishing dan Packaging

Pada tahap ini, jasa konveksi kaos akan melakukan pengecekan hasil produksi jahitan, seperti membersihkan kaos/kemeja, memotong dan merapikan benang, quality control (pengecekan kualitas) sehingga kaos/baju yang lolos proses finishing ini adalah kaos yang benar-benar memiliki kualitas seperti yang diinginkan. Jika kaos sudah memenuhi standar dan tidak ada kesalahan saat proses pembuatan, selanjutnya akan dikemas oleh karyawan konveksi produksi kaos.

Jika anda tertarik untuk membuat kaos, kami CV. Konveksi Tambang Jogja bisa membuat kaos custom dari berbagai jenis bahan, model dan sablon dalam jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat lebih lengkap desain dan harga tiap produknya bisa kunjungi website kami di www.konveksitambang.com atau bisa datang langsung ke kantor kami di Jl. Langensuryo KT 11 No. 176 Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

No telp . 0274 373202 // WA : 082133299538 //SMS : 082133299538

#konveksikaos #produksikaosjogja #konveksitambangjogja #pesankaosjogja

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu