Tentang Baju Tambang January 16, 2020

Salah satu jenis pekerjaan yang berisiko tinggi mengalami kecelakaan dan terluka adalah penambang. Dari segi lokasi, mereka lebih banyak bekerja di area bawah tanah dan di dalam lubang yang dikelilingi oleh bebatuan kecil maupun besar yang bisa saja menggelinding suatu waktu.

Untuk mengantisipasi risiko itu, perusahaan pun menetapkan standar khusus dalam hal keselamatan.

Dari sekian prosedur keselamatan yang harus diikuti, cara berpakaian juga termasuk di dalamnya. Pakaian khusus yang desainnya menekankan pada aspek perlindungan diri di area tambang lebih dikenal dengan sebutan Baju Safety Tambang.

Selain desain, bahan atau material pakaian juga menjadi fokus dalam pembuatan baju yang aman untuk para pekerja.

Berikut ini akan kita paparkan beberapa point tentang baju tambang, diantaranya bahan kain, kegunaan, dan cara merawat baju safety tambang.

Bahan Kain Untuk Pembuatan Baju Safety

Bahan yang umum digunakan untuk pembuatan seragam pekerja lapangan adalah jenis kain drill. Kain drillini bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis. Berikut beberapa di antaranya.

American Drill

Untuk ukuran serat, jenis kain drill ini masuk ke dalam kategori sedang/standart. Bahannya lumayan halus dan sudah menyerap keringat, tapi agak panas jika dipakai.

Japan Drill

Jenis kain ini dikenal lebih kuat dan memiliki serat besar. Karena persentase katunnya lebih banyak dari polyester, harga untuk bahan japan drill relatif lebih mahal. Bahannya lebih halus dan lebih dingin dibandingkan bahan American drill

Taipan Drill

Jika dua jenis kain drill sebelumnya menggunakan campuran katun dan polyester, maka jenis yang satu ini adalah perpaduan antara katun dan tetoron.

Persentasenya adalah 70% untuk katun dan 30% untuk tetoron. Bahan kain ini halus, lentur, tidak mudah kusut, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Untuk harga lebih mahal dari Japan drill.

Untuk baju safety tambang sendiri, biasanya dilengkapi dengan reflektor / scotlight (nyala) jika di malam hari, tambahan kantong pulpen, dan vetilasi jaring dibagian punggung.

Kegunaan Baju Safety Tambang

Sesuai dengan namanya, kegunaan utama dari pakaian safety adalah untuk melindungi tubuh penggunanya. Walaupun tidak bisa melindungi secara sempurna, pakaian ini mampu meminimalisir resiko terluka.

Dan berikut ini adalah detail kegunaan dari baju safety tambang :

  • Karena desainnya sudah disesuaikan dengan aktivitas yang berat, penggunanya akan tetap merasa nyaman dan bebas bergerak.
  • Untuk bahan kain yang lebih khusus (antiapi), pakaian akan membuat penggunanya aman dari sentuhan api untuk durasi waktu tertentu.
  • Menghindari kulit dari bersentuhan langsung dengan kotoran seperti minyak dan lumpur.
  • Detail garis reflektor yang peka dan warna cerah yang mencolok akan memudahkan para pekerja mengenali satu sama lain bahkan saat berada di area minim cahaya.

Cara Merawat Baju Safety

Pakaian safety umumnya terbuat dari material drill yang merupakan perpaduan katun dan polyester—atau bisa juga tetoron.

Dengan komposisi tersebut, maka perawatan yang cocok adalah sebagai berikut:

  • Saat mencuci, gunakan air bersih dan detergen secukupnya. Jika ingin merendamnya terlebih dahulu, pastikan untuk tidak melakukannya terlalu lama karena bisa merusak serat kain. Estimasi waktunya adalah 30 menit atau kurang dari itu.
  • Tidak ada salahnya untuk menjemur kain drill di bawah sinar matahari langsung. Namun, untuk menjaga warnanya agar tetap awet, jemurlah dalam keadaan terbalik. Akan lebih baik jika proses penjemurannya dilakukan dengan cara mengangin-anginkannya hingga kering.
  • Lebih baik dicuci secara manual, jangan menggunakan mesin cuci.
  • Menyetrika kain drillharus dilakukan dengan suhu sedang. Ketika menyetrikanya, pastikan kain dalam keadaan lembap (bisa dengan menyemprotkan pengharum pakaian).

Demikian rangkuman tentang Baju Tambang, semoga bermanfaat untuk kita semua. Pemesanan bisa langsung kontak ke kami ya. Kami akan berikan hasil yang maksimal.

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu
Powered by