Mengenal Bahan Kanvas June 25, 2019

Kain kanvas merupakan jenis bahan kain yang memiliki serat tebal dan sifatnya sangat kuat. Awalnya, kain kanvas lebih banyak digunakan untuk melukis. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bahan kain ini semakin berkembang penggunaannya menjadi bahan dasar untuk tas, sepatu, jaket, bahkan berbagai macam aksesoris. Tak heran, karena kain kanvas ketebalannya sempurna untuk dimodifikasi.

Dulu, kain kanvas terbuat dari jerami, sehingga pastinya sangat kuat. Namun, mengikuti perkembangannya saat ini bahan dasar kain kanvas sudah diganti dengan kapas atau linen, namun demikian, semua produsen kan kanvas pastinya tetap memperhatikan kualitas dan ketahanan kain sehingga tidak perlu khawatir jika para konsumen ingin menggunakan bahan kain ini dalam berbagai kesempatan. Ada pula kanvas yang berbahan sintetis, seperti polyester.

Kain kanvas sendiri terdiri dari beberapa macam serat dan ketebalan yang berbeda – beda, berikut diantaranya :

  • Kanvas Blacu

Kain kanvas blacu merupakan jenis kain kanvas yang belum mengalami proses finising. Ciri-ciri kain kanvas blacu adalah warna kain sama dengan warna benang/serat. Jenis kain ini biasa digunakan untuk bahan kanvas lukis, untuk tas kanvas/totebag dan untuk furniture. Umumnya, bahan kanvas blacu ini digunakan untuk barang dengan desain yang tidak terlalu rumit

  • Kanvas Marsoto

Jika ingin membuat tas, pakaian, maupun aksesoris dengan bahan kanvas yang halus, sebaiknya menggunakan bahan kanvas marsoto. Meskipun sedikit lebih mahal, kualitas dari kanvas marsoto sangat terjamin dan bahan ini tidak mudah robek. Ciri khas dari kanvas marsoto adalah memiliki bintik-bintik pada permukaannya yang menyerupai kain cordura.

  • Kanvas Ripstop

Kain kanvas ripstop adalah kanvas yang lebih baik daripada blacu. Selain itu, jenis kain kanvas ini cenderung ringan karena tidak begitu tebal. Kanvas ripstop memiliki ciri khas serat berbentuk kotak-kotak yang membuatnya mudah dibedakan dari jenis kain lain. Bahan ini bisa digunakan untuk pakaian maupun aksesoris dengan harga jual yang agak tinggi.

  • Kanvas Terpal

Jenis kanvas ini dikenal sangat kuat dan tahan lama. Untuk jenis kanvas terpal mayoritas sudah memiliki kemampuan waterproof /tahan air. Untuk macam dan jenisnya juga sangat beragam tergantung dengan penggunaanya, seperti untuk kanvas terpal truk, kanvas untuk kanopi dan payung pantai.

  • Baby Canvas

Baby canvas adalah jenis kanvas yang memiliki ketebalan terendah (lebih tebal dari blacu). Berbeda dengan kain kanvas lainnya, kain ini memiliki tekstur lembut dan tidak kaku. Jenis baby kanvas bisa digunakan untuk pembuatan pakaian dan jaket.Walaupun lembut dan lentur, bahan ini cukup kuat dan tahan lama, maka Anda tak perlu khawatir akan kualitas dari produk yang dihasilkan.

  • Kanvas PE

Kanvas PE adalah kain kanvas yang bahan dasarnya adalah polyester dicampur dengan katun. Sesuai dengan namanya jenis kanvas ini terbuat dari bahan polyester, untuk ketebalan dan jenis anyaman pun sangat banyak pilihan. Jenis kanvas PE kini tengah populer digunakan untuk kebutuhan digital printing.

Meskipun kuat, kain ini cenderung terasa panas saat digunakan. Namun Anda tak perlu khawatir karena bahan ini lebih banyak digunakan untuk membuat tas, bukan pakaian.

Jika memproduksi tas dalam jumlah banyak, penggunaan kanvas PE akan menghemat biaya karena biasanya lebih murah dibandingkan beberapa jenis kain lain.

  • Kanvas Sueding

Kanvas sueding ini merupakan yang paling khas dari semua jenis kanvas karena memiliki lapisan tipis yang agak berbulu. Hal ini membuat benang atau material ringan lainnya mudah menempel pada kain ini. Jika disentuh, kain ini akan terasa lebih lembut dari jenis lainnya. Dengan ketebalan yang sama, kanvas sueding akan terasa lebih tipis daripada yang lain.

Produk pakaian yang terbuat dari kanvas sueding akan terlihat lebih trendi dan elegan daripada menggunakan bahan lain, sehingga cocok dikenakan pria dan wanita dari segala usia. Jika dirawat dengan baik dan benar, pakaian yang terbuat dari kanvas sueding akan tahan sangat lama.

Kanvas untuk bahan jaket

Kanvas sendiri terkandung 2 macam, yaitu kanvas sueding dan kanvas garuk. Kanvas sweeding bahannya lebih halus, dan memiliki serat kecil. Sedangkan kanvas garuk bahannya agak kaku dan seratnya lebih banyak dibanding bareng bersama kanvas sweeding. Banyak dipakai sebagai bahan semi jas, disebabkan bahan ini terlalu casual masa-masa di gunakan, dan ada terlalu resmi. Maka dari berikut tipe bahan jaket kanvas adalahjenis bahan jaket yang bagus dari sekian banyak bahan jaket.

Salah satu kelebihan yang dipunyai oleh bahan jaket kanvas ini diantaranya ialah bahan ini populer kuat. Kekuatan bahan jaket kanvas sebetulnya udah teruji tahan pada seluruh medan dan juga keadaan cuaca sehingga terlalu sesuai dipakai sebagai bahan jaket. Khusus guna jaket adventure seringkali kenakan kain kanvas marsoto maupun kain kanvas ring.

Kain kanvas yang miliki serat bagus dan mengidamkan lebih kuat pun mampu dipakai untuk sebabkan jaket parka army yang membawa tampilan laksana coat. Jaket parka ini pun tipe jaket yang biasa dipakai pada cuaca dingin.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Ada kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman semua. Untuk sahabat konveksi tambang yang bingung dengan pilihan bahan jaket, seragam, kaos, dll, bisa langsung kesini.

Jangan lupa mampir dan follow ig kita di @konveksijogjaa
Main kekantor CV. Konveksi Tambang juga boleh , Jl. Langensuryo, KT II/176, Yogyakarta.
Mimin tunggu yaa 🙂
Terimakasih sudah mampir ke website kami.

Post a comment