Mengenal Bahan Twill June 24, 2019

Apa itu bahan twill? Mungkin ketika mendengar bahan satu ini anda masih asing. Bahan twill ini sebenarnya masuk dalam kategori kain katun. Biasanya bahan twill ini juga disebut katun twill.

Kalau katun jepang, tentu anda sudah tidak asing bukan? Nah, katun twill ini sebenarnya tetangga dari katun jepang. Nama lain dari bahan twill ini adalah katun Cina. Secara kualitas, bahan katun twill atau katun Cina ini juga tidak beda jauh dengan katu jepang. Apabila dilihat secara sekilas, kain satu ini nampak memiliki pori yang besar, padahal sebenarnya juga tebal, meskipun tidak setebal katun jepang

Oke, next, kita mulai dari apa itu twill. Dari beberapa sumber yang kita kutip, bahwa Twill adalah salah satu jenis tenunan tekstil dengan pola garis – garis diagonal searah atau sejajar. Pola garis diagonal adalah pola garis yang terlihat miring dan melintang pada kain.

Singkat cerita, bahan twill adalah bahan kain yang dibuat dengan pola tenun twill.

Karakteristik Bahan Twill

Karakter setiap kain tentu berbeda dengan kain lainnya. Begitu juga dengan bahan twill ini. Kain ini memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan kain lainnya. Beberapa karakteristik bahan twill adalah sebagai berikut:

  1. Permukaan Diagonal

Anda tahu kain drill? Jika anda tahu atau minimal dapat membayangkan kain drill, maka begitulah katun twill ini. Katun satu ini memiliki permukaan yang diagonal sebagaimana kain drill.

  1. Adem dan Nyaman

Sebagaimana dijelaskan di atas, katun twill ini secara kualitas memang tidak berbeda jauh dengan katun Jepang. Oleh karena itu, sama halnya dengan katun Jepang yang nyaman dan adem saat dipakai, katun twill pun juga demikian.

  1. Tekstur Tipis

Meskipun secara kualitas, kain katun twill ini hampir sama dengan katun Jepang. Akan tetapi, dari sisi ketebalan, bahan twill lebih tipis bila dibandingkan dengan katun Jepang.

  1. Warna Kurang Mencolok

Dari segi warna, katun twill ini kurang mencolok.

  1. Kuat dan Tahan Lama

Jika anda tipikal orang yang jarang gonta-ganti suatu barang, maka katun Twill ini sangat cocok untuk anda. Sebab, katun satu ini terkenal sebagai bahan yang kuat dan tahan lama.

  1. Perawatan yang Mudah

Bahan twill ini sangat mudah untuk dirawat. Tinggal dicuci sebagaimana kain pada umumnya saja, kain ini sudah akan terjaga kualitasnya dengan baik.

  1. Menyerap Keringat

Bahan twill ini juga merupakan salah satu kain yang mudah menyerap keringat. Oleh karena itu, sangat cocok untuk bahan pakaian bagi anda yang aktif dan banyak kegiatan. Terutama kegiatan luar ruangan yang mudah menghasilkan keringat.

  1. Kasar Tapi Lembut

Bahan twill memiliki tekstur yang kasar. Akan tetapi, uniknya, ketika anda memegangnya, bahan satu ini akan terasa lembut di tangan.

Kelebihan Bahan Twill

Setelah membahas karakteristik kain twill, selanjutnya kita akan membahas kelebihan satu ini. Sebenarnya, sebagian kelebihan dari kain twill ini sudah dapat kita tebak dengan membaca karakteristik dari kain satu ini. Beberapa kelebihan dari bahan twill adalah sebagai berikut:

  1. Lentur

Kain twill sebenarnya tidak murni kain katun. Hal ini dikarenakan adanya campuran bahan spandex sekitar 2 % di dalam kain satu ini. Oleh karena itu, wajar apabila kain twill menjadi agak lentur. Tingkat kelenturan karena campuran spandex ini menjadikan kain ini nyaman dipakai. Tidak terlalu ketat.

  1. Daya Serap Keringat yang Lumayan

Sebagaimana dijelaskan di atas, kain ini juga menyerap keringat. Meskipun, apabila boleh membandingkan, daya serap kain twill terhadap keringat masih kalah apabila dibandingkan dengan daya serap keringat katun jepang.

  1. Adem dan Nyaman

Selain sifatnya yang menyerap keringat, kain ini, sebagaimana katun pada umumnya, memang adem dan nyaman untuk dipakai. Sangat cocok dijadikan bahan dasar baju, terutama baju muslimah ataupun sprei.

  1. Warna yang Tidak Mudah Pudar

Meskipun warnanya kurang mencolok, kelenturan yang diakibatkan campuran bahan spandex yang ada di dalam kain twill menyebabkan kain satu ini dapat mengunci warna. Dengan begitu, warna dari kain satu ini relatif lebih sukar untuk pudar.

  1. Kuat dan Tahan Lama

Kelebihan lain dari kain twill adalah kekuatannya. Kain satu ini terkenal sebagai kain yang kuat dan tahan lama. Jadi, dijamin awet apabila dijadikan sebagai bahan pembuatan baju anda.

Kekurangan Bahan Twill

Setelah menjelaskan tentang karakteristik dan kelebihan kain twill, tidak adil dong kalau kita tidak memaparkan kekurangan dari kain satu ini juga. Beberapa kekurangan dari bahan twill diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Warna

Dari segi warna, meskipun warna dari kain twill tidak mudah pudar, akan tetapi, warna dari kain ini kurang mencolok. Tentu ini menjadi kekurangan tersendiri untuk kain ini, terutama bagi anda yang menyukai kain atau baju dengan warna yang mencolok.

  1. Agak Tipis

Sebagaimana dijelaskan di atas, kain ini memang relatif agak tipis. Coba saja bandingkan kain ini dengan kain sejenis, katun jepang misalnya. Jelas, kain ini lebih tipis apabila dibandingkan dengan katun Jepang.

  1. Kalah dengan Katun Jepang

Meski merupakan tetangga, akan tetapi, jika mau membandingkan antara katun jepang dan katun twill ini, jelas kain katun twill ini akan kalah. Baik dari segi kualitas, ketebalan, warna, hingga daya serap keringat, kain katun twill masih kalah dibandingkan dengan kain katun jepang.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Ada kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman semua. Untuk sahabat konveksi tambang yang bingung dengan pilihan bahan jaket, seragam, kaos, dll, bisa langsung kesini.

Jangan lupa mampir dan follow ig kita di @konveksijogjaa
Main kekantor CV. Konveksi Tambang juga boleh , Jl. Langensuryo, KT II/176, Yogyakarta.
Mimin tunggu yaa 🙂
Terimakasih sudah mampir ke website kami.

Referensi : http://www.kaos-kerah.com/mengenal-apa-itu-bahan-twill-dan-katun-twill/

 

Post a comment