Mengenal Jenis Bahan Kain Micro untuk Jaket May 24, 2019

Salam sejahtera untuk Konveksi Indonesia. Kali ini kita akan membahas tentang Bahan Kain Micro. Untuk itu simak penjelasan dibawah ini.

Bahan micro adalah bahan kain microfiber terbaik yang memiliki perpaduan campuran dua jenis polymer, yaitu nylon (polyamide) dan polyester dengan ratio perbandingan 80% polyester dan 20% polyamide. Kain ini umumnya akan menyerap air lebih baik dan proses kering lebih cepat.

Microfiber sendiri adalah serat sintetis yang lebih halus dari satu denier atau decitex / thread, memiliki diameter kurang dari sepuluh mikrometer. Ini lebih kecil dari diameter seutas sutra, yang dengan sendirinya sekitar 1/5 diameter rambut manusia.

Kain ini paling banyak dipakai sebagai bahan jaket. Produk dengan kain ini ideal dan cocok untuk berbagai kegiatan outdoor atau lapangan. Jaket dengan bahan ini juga sering dikombinasikan dengan kain tambahan di dalamnya.

Dalam pembuatan jaket ini bisa ditambahkan berbagai aksesoris. Salah satunya adalah kancing hingga ritsleting. Bisa pula diaplikasikan saku yang akan menambah fungsional dari jaket ini. Jaket ini bisa bersifat resmi maupun casual.

Berikut ciri – ciri bahan kain micro, diantaranya :

  • Seperti kain parasut, tetapi lebih tipis karena benang yang digunakan untuk membuat kain ini sangat halus.
  • Terasa licin , alur serat pada bahan ini yang benar-benar kecil dan cenderung terasa licin.
  • Sifat bahannya jatuh, hal ini dimungkinkan karena kain ini tidak setebal parasut. Untuk pembuatan jaket, kain ini tetap nyaman meski saat cuaca dingin dan hujan.
  • Kain berkualitas dan halus, jika disentuh, kain ini cenderung memilki tekstur yang halus. Bahkan bisa lebih bagus dan halus dari kain parasut.
  • Nyaman ketika digunakan, tahan lama
  • Tahan terhadap air / water resistant
  • Tidak mudah kusut

Ada pula jenis bahan kain micro, diantaranya :

  • Kain Micro Bintik (Water Resistant)

Keunikan dari kain ini adalah adanya tekstur bintik yang khas. Sifat kain ini cenderung lembut, dan ringan. Ada tekstur bintik / titik pada permukaan bahan.

  • Kain Micro TR (Water Resistant)

Kain ini memiliki keunikan berupa sifatnya yang anti air. Kain ini juga memiliki serat kuat, halus dan ringan. Hal ini disebabkan pemilihan serat dari TR atau teteron yang merupakan kombinasi dari polyester dan rayon.

  • Kain Micro Ripstop (Water Resistant)

Tekstur kain ini juga lembut, halus dan ringan. Teksturnya berbentuk kotak-kotak dari benang sintetis diselingi benang lain yang ukurannya lebih besar.

  • Kain Microfiber

Bahan micro jenis ini dibuat dari benang polyester dengan permukaannya yang halus hingga nyaman dipakai.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Ada kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman semua. Untuk sahabat konveksi tambang yang bingung dengan pilihan bahan jaket, seragam, kaos, dll, bisa langsung kesini.

Jangan lupa mampir dan follow ig kita di @konveksijogjaa
Main kekantor CV. Konveksi Tambang juga boleh , Jl. Langensuryo, KT II/176, Yogyakarta.
Mimin tunggu yaa 🙂
Terimakasih sudah mampir ke website kami.

Referensi : https://fitinline.com/article/read/mengenal-karakteristik-bahan-micro-yang-biasa-digunakan-sebagai-bahan-jaket/

Post a comment