Mengenal Sablon Sublimasi April 13, 2019

Sablon sublimasi merupakan jenis sablon dengan proses memindahkan gambar dari kertas ke media dengan menggunakan mesin bantuan yakni mesin press kaos. Proses pencetakan ini menggunakan printer dan tinta khusus sublimasi. Tinta sublimasi adalah tinta waterbased dengan sifat sensitif terhadap suhu sehingga tinta akan berubah menjadi bentuk gas apabila berada dibawah pengaruh suhu yang tinggi. Tinta sublim ini digunakan untuk mencetak gambar diatas kertas untuk diaplikasian diatas kaos. Dengan pengaruh suhu nantinya tinta sublimasi akan mudah terserap pada serta kain sehingga akan menyatu dengan material kain. Hasilnya berupa sablon dengan tekstur timbul saat Anda pegang. Dalam teknik sablon sublimasi ini tinta memiliki peranan yang penting sedangkan kertas hanya sebagai perantara saja sebelum akhirnya tinta dipindahkan ke kain. Hasil sablon sublimasi tak hanya terasa timbul melainkan juga warnanya lebih jelas, lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

Teknik sublimasi ini akan sangat maksimal bila dikerjakan di bahan polyester. Perlu diingat, sublimasi tidak cocok untuk bahan cotton. Dan hanya bisa di-sublim di atas bahan dasar putih atau bahan dasar “light color”.

Hasil sublimasi sangatlah sempurna, karena semua detail design pasti akan tercetak semua dan benar-benar menyatu dengan bahan, sama sekali tidak berasa bila dipegang. Namun, mengingat biaya produksi sublimasi sangat tinggi, maka untuk teknik sublimasi biasanya berlaku minimum order.

Biasanya untuk sablon sublimasi mesin heat press yang umum digunakan adalah mesin flatbed dan mesin roll-to-roll. Mesin flatbed ialah mesin heat press yang memanfaatkan mekanisme hidrolik untuk mengangkat dan menekan bidang press dalam proses heat press transfer. Disebut flatbed karena umumnya mesin ini menggunakan 2 bidang yaitu bidang alas dan bidang pemanas yang saling ditekankan satu sama lain dengan suhu dan tekanan tertentu selama kurun waktu yang telah ditentukan dengan bantuan hidrolik.  Hal yang perlu diperhatikan ketika akan menggunakan tipe mesin flatbed ini ialah kontrol waktu, temperatur dan tekanan. Kapasitas produksi dari mesin flatbed cukup tinggi, namun biasanya terkendala pada keterbatasan ukuran bidang press. Jika kapasitas produksi atau ukuran bidang press pada mesin press dirasa kurang maka pilihan selanjutnya dapat dijatuhkan pada mesin heat press roll-to-roll.

Berbeda dengan mesin flatbed, mesin heat press roll-to-roll menggunakan semacam motor penggerak untuk menggerakkan bidang press yang terus berputar. Disebut mesin heat press roll-to-roll karena kemampuan mesin ini untuk melakukan proses penge-pressan langsung dari gulungan kertas dan gulungan kain tanpa perlu dipotong – potong terlebih dahulu. Proses pemanasan pada mesin heat press roll-to-roll ini 2 jenis yaitu menggunakan elemen pemanas seperti pada mesin flatbed dan menggunakan oli.

Kelebihan Teknik Cetak Sublim

Kelebihan pencetakan sublimasi adalah sebagai berikut :

  • Metode sublimasi memungkinkan Anda mencetak gambar full color ke permukaan yang keras dengan lapisan polimer.
  • Memiliki ketajaman warna yang bagus.
  • Sangat efektif dan efisien.
  • Sablon sublim lebih tahan lama dan tidak mudah luntur karena memiliki sifat menyerap pada serat kain.
  • Sablon dapat menjadi proses pembelajaran yang rumit dan susah diterapkan, sementara teknik sublimasi adalah proses yang lebih mudah untuk dikuasai.
  • Pelanggan dapat minta custom. Pencetakan sublimasi tidak memerlukan layar atau pelat khusus, yang berarti prosesnya yang sederhana mudah menyesuaikan desain dengan elemen-elemen yang berubah seperti nama individu, nomor tim.
  • Bidang cetak besar. Bisa digunakan untuk menghasilkan cetakan kaos fullprint atau berupa all over printing.
  • Proses cetak sublimasi cukup cepat (tergantung pada pesanan juga) yang dapat memungkinkan perusahaan percetakan untuk menawarkan hasil cetak pada hari yang sama atau dalam beberapa kasus, bahkan pada jam yang sama.
  • Sablon sublimasi juga tidak mengharuskan untuk sablon banyak karena dengan menggunakan teknik sublimasi, maka tidak ada minimum order. Jadi, sangat cocok sekali untuk sablon satuan
  • Hasil Sablon bisa diseterika secara langsung
  • Digunakan untuk mencetak di Mug, mouse pad, Keramik, dll.

Kelemahan Teknik Sublim

Beberapa kelemahan untuk pencetakan sublimasi adalah sebagai berikut;

  • Jika ingin memroduksi kaos dengan budget rendah, sebaiknya tidak menggunakan teknik sublimasi ini.
  • Tinta bisa sangat mahal untuk dibeli dibandingkan dengan printer tinta OEM lainnya, sehingga membutuhkan biaya produksi yang pastinya lebih mahal, mengingat harga tinta dan kertas transfer yang cukup mahal.
  • Barang yang akan dicetak harus terbuat dari kain polimer atau dilapisi dengan polimer untuk memastikan proses sublimasi bekerja secara efektif.
  • Barang-barang yang dapat dicetak harus berwarna putih atau muda. Karena warna pewarna yang digunakan dalam pencetakan sublimasi kain ini tidak dapat digunakan pada bahan gelap seperti tshirts hitam.
  • Meskipun dengan teknik sublimasi ini sangat memungkinkan untuk mengakses seluruh spektrum warna, namun demikian sangat sulit untuk mengatur warna pada printer. Namun dengan diperkenalkannya powerdrivers hal ini tidak lagi menjadi masalah.
  • Jika kamu kurang tepat memilih tinta dan kertas transfer, maka hasil cetak pun tidak akan sebaik yang kamu harapkan.
  • Kaos yang dapat dicetak dengan teknik sublimasi adalah kaos dengan bahan polyester.

Kelengkapan alat yang digunakan untuk proses sablon sublimasi , sebagai berikut :

  1. Mesin printer Epson & Tinta Sublimasi
    Sediakan Printer inkjet merk Epson yang dimodifikasi dengan tinta sublimation (inkjet printer desktop merk lainnya seperti Canon, HP, Lexmarks, Brother, Xerox lain-lainnya tidak dapat dipakai karena menggunakan thermal printhead).
  2. Kertas sublimasi transfer
    Pakai kertas sublimation transfer untuk hasil terbaik (anda bisa membandingkan hasilnya jika menggunakan kertas biasa atau inkjet paper).
  3. Mesin press kaos.
    Sediakan sebuah mesin hot press kaos listrik. Jika anda menggunakannya dirumah, pilihlah mesin press yg dayanya yg tidak melibih daya listrik di rumah anda.
  4. Kaos
    Sediakan Baju/kaos dgn bahan yg tidak murni cotton, tetapi mengandung polyster (semakin besar polysternya sebagai bagus), dan warna putih atau warna muda.

Proses sablon sublimasi:

  • Pertama, print gambar secara terbalik (mirror) pada kertas transfer paper. Cetak artwork/disain secara mirror (terbalik seperti tulisan AMBULANCE pada mobil ambulan) ke atas kertas transfer.
  • Kemudian, letakan kaos tersebut pada mesin press kaos
  • Lalu, letakan kertas yang sudah di print tadi dengan menghadap ke kaos. Letakkan cetakan kertas transfer dengan sisi tinta sublimation menyentuh pada sisi kaos dan taruh pada mesin hot press kaos.
  • Kemudian, apit sablon kaos tersebut dengan temperature dan waktu yang sudah ditentukan (temperature dan waktu tergantung dgn ketebalan bahan kaos, tetapi kisaran waktu biasanya hanya beberapa menit saja). Lakukan press kaos dengan suhu 120 – 150 derajat celsius selama 5-10 detik.
  • Setelah kaos di press lepas kertas tersebut secara perlahan dari bahan kaos, dan gambar/tinta sublimation akan pindah/menyatu dgn kaos, dan proses sablon kaos dengan teknik sublimasi selesai.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Ada kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman semua.

Jangan lupa mampir dan follow ig kita di @konveksijogjaa
Main kekantor CV. Konveksi Tambang juga boleh , Jl. Langensuryo, KT II/176, Yogyakarta.
Mimin tunggu yaa 🙂
Terimakasih sudah mampir ke website kami.

Referensi : http://sablonsatuanku.blogspot.com/2013/08/sablon-kaos-dengan-teknik-sublimasi.html

 

 

Post a comment