Tips Merawat Rompi November 13, 2018

Rompi adalah pakaian tanpa lengan yang biasanya dilengkapi dengan kancing didepan. Jadi, segala baju yang tidak berlengkan dan di pakai sebagai pakaian tambahan di luar baju utama bisa di namakan rompi.

Rompi terdiri dari berbagai model, mulai dari rompi safety, rompi fashion dan lain-lain. Banyak dikalangan anak-anak muda yang gemar memakai rompi fashion untuk pria maupun wanita. Agar rompi tahan lama / awet , rompi harus dirawat dengan baik. Beberapa tips merawat rompi dibawah ini :

  1. Saat Pencucian Jangan Terlalu Lama Merendamnya

Proses perendaman rompi tidak perlu terlalu lama karena dapat melunturkan warna kainnya. Anda cukup merendamnya maksimal 15 menit. Sementara itu, penggunaan deterjen juga secukupnya saja. Perhatikan takaran deterjen itu yang bisa dibaca pada label kemasannya. Dengan merendam yang baik dan benar, semua kotoran dapat hilang dari serat kain rompi.

Setelah direndam, perlu Anda kucek rompi tersebut. Tujuannya untuk membantu menggilangkan noda dan kotoran yang menempel. Cara menguceknya pun jangan terlalu keras dan bersemangat. Apalagi rompi yang berbahan halus dan lembut. Hal itu untuk menghindari agar kain rompi tidak melar apalagi rusak. Kuceklah dengan lembut dan secukupnya saja. Tidak perlu menyikat karena beresiko merusak rompi kesayangan Anda.

 

2. Membilas dan mengeringkan rompi

Setelah proses mengucek selesai, dilanjutkan dengan membilasnya dengan baik. Silakan membilas rompi tersebut dengan air bersih. Pastikan bahwa tidak ada lagi busa atau sisa deterjen pada serat kainnya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membilasnya hingga dua kali atau lebih. Setelah itu, keringkan rompi tersebut. Tidak perlu memerasnya karena bisa merusak serat kain. Cara yang direkomendasikan, yaitu mengeringkan dengan membungkusnya dengan handul lalu menekan-tekan hingga banyak air yang keluar. Anda pun tidak perlu menjemur rompi langsung di bawah panas matahari. Cukup diangin-anginkan saja di luar ruangan dengan memakai hanger atau gantungan baju.

3. Bersihkan rompi secara teratur

Agar lebih awet, bersihkan rompi setiap kali selesai digunakan. Rompi tersebut dipakai di area konstruksi yang berdebu; pemakainya juga mungkin berkotor-kotoran selama melakukan pekerjaannya. Belum lagi kalau pembangunan dilakukan ketika terjadi hujan, rompi tersebut tentunya menjadi semakin kotor. Kalau tidak dibersihkan, sulit untuk mengharapkan rompi keselamatan bisa bertahan lama.

4. Simpan rompi di tempat kering dan bersih

Setelah selesai digunakan dan dibersihkan, simpan rompi safety di tempat yang bersih dan kering. Kalau sebelumnya rompi basah karena hujan atau dicuci dengan air, keringkan terlebih dahulu sebelum Anda menyimpannya.

 

5. Lakukan pemeriksaan secara berkala

Selain menjaga kebersihan dan memperhatikan penyimpanan, Anda juga perlu untuk melakukan pemeriksaan rompi secara berkala. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencari tahu apakah perlengkapan keselamatan kerja satu ini masih bisa berfungsi dengan semestinya.

Dan itulah beberapa tips merawat rompi agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang belum mengetahuinya.

Jangan lupa mampir dan follow ig kita di @konveksijogjaa
Main kekantor CV. Konveksi Tambang juga boleh , Jl. Langensuryo, KT II/176, Yogyakarta.
Mimin tunggu yaa 🙂
Terimakasih sudah mampir ke website kami .

Referensi : http://kaltim.tribunnews.com/2015/11/26/jangan-sembarangan-mencuci-vest-ikuti-cara-berikut-agar-baju-anda-tahan-lama

Post a comment