Macam Jenis Bahan Celana November 9, 2018

Celana adalah pakaian luar yang menutup pinggang sampai mata kaki, kadang-kadang hanya sampai lutut, yang membungkus batang kaki secara terpisah, terutama merupakan pakaian lelaki. Terkadang, kita sering bingung memilih jenis kain celana dengan bahan yang bagus dan sesuai dengan keinginan kita.

Nah, disini kita akan sedikit berbicara tentang Macam Jenis Bahan Celana. Berikut beberapa jenisnya :

  1. Kain Katun

    Kain katun merupakan jenis bahan rajut yang berbahan dasar dari serat kapas. Kain ini memiliki karakteristik tidak mudah kusut dan luntur saat dicuci, walaupun sedikit kaku tetapi sangat nyaman digunakan karena bahannya dingin dan menyerap keringat. Celana dengan bahan ini cocok digunakan sebagai celana santai yang dapat mendukung penampilan casual.

  2. Kain Drill

    Kain drill merupakan bahan yang dipintal dengan tekstur miring / diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Jenis kain ini sangat nyaman dipakai dan memiliki koleksi warna terlengkap dibandingkan bahan lain. Bahannya terasa tebal, kuat , dan agak kaku.
    Jenis kain drill sering digunakan untuk acara formal, semi formal maupun casual.

  3. Kain Thai Silk

    Kain thai silk merupakan jenis bahan yang memiliki karakteristik mengkilat, tipis, ringan, lembut dan tidak kaku sehingga nyaman dipakai dan terkesan mewah. Jenis kain thai silk merupakan bahan sejenis sutera.
    Jenis kain thai silk cocok digunakan sebagai celana kerja /formal , maupun semi formal.

  4. Kain Polyester

    Jenis kain polyester merupakan bahan yang ringan dan mudah menyerap keringat. Selain itu bahan ini juga cepat kering jika basah karena air, dan dijamin harga juga relatif murah dibandingkan bahan lain.

  5. Kain Canvas

    Kain canvas merupakan jenis bahan yang memiliki karakteristik tebal dan berat, agak gerah ketika digunakan. Celana canvas biasanya digunakan untuk celana pendek maupun panjang demi mendukung penampilan casual seseorang.

  6. Kain Ripstock

    Kain ripstock merupakan kain yang memiliki karakteristik tekstur kotak-kotak yang terbuat dari tenunan benang nilon yang diperkuat secara khusus dengan selingan tenunan benang yang berukuran lebih besar. Kain ini bersifat kedap air, kedap udara serta fire resistant sehingga menjadikannya kuat dan tidak mudah terbakar.
    Jenis kain ripstock sangat cocok digunakan untuk celana lapangan / outdoor.

  7. Kain Denim

    Kain denim merupakan kain yang terbuat dari bahan alam yaitu kapas, sering disebut katun twill. Kain ini dibuat dari serat kapas yang dibuat kasar , ditenun secara diagonal menggunakan tambahan tertentu.
    Celana ini lebih cocok digunakan untuk semi formal. Jenis bahan ini sangat banyak diminati karena sangat fleksibel untuk dipadukan dengan baju atasan.

  8. Kain Corduroy

    Kain corduroy memiliki tekstur khas, yaitu permukaan kain yang bergaris-garis dan tebal. Jenis bahan ini dapat mempertahankan bentuknya setelah dicuci sehingga bisa langsung dipakai tanpa terlalu sering disetrika. Akan tetapi, bahan corduroy mudah rusak jika terlalu sering dicuci.

    Nah itulah beberapa macam jenis bahan celana. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang belum mengetahuinya.

    Jangan lupa mampir dan follow ig kita di @konveksijogjaa
    Main kekantor CV. Konveksi Tambang juga boleh , Jl. Langensuryo, KT II/176, Yogyakarta.
    Mimin tunggu yaa 🙂
    Terimakasih sudah mampir ke website kami .

Referensi : https://fitinline.com/article/read/7-jenis-kain-untuk-membuat-celana/

Post a comment