Strategi Pemasaran Produk Sablon September 20, 2018

Bagi para Pengusaha Sablon yang serius dengan pengembangan bisnisnya, pasti akan menyadari bahwa aktivitas promosi/pemasaran hasil produksi harus dilakukan dengan berbagai cara untuk meraih kesuksesan. Konsep marketing adalah salah satu hal yang sangat penting dan tidak diabaikan begitu saja dalam menjalankan sebuah usaha sablon.

Sebelum kita ke pokok inti pembicaraan, saya akan mengulas sedikit mengenai Pengertian Strategi Pemasaran. Strategi pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Peluang usaha sablon menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang menjadi primadona. Sayangnya pengetahuan bisnis yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tidak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur di jalankan. Untuk itu, marilah kita belajar bersama mengenai Strategi Pemasaran Produk Sablon.

  1. Riset Tentang Target Pasar dan Strategi Pemasaran Produk 
    Langkah yang paling awal adalah mencari target market/calon pelanggan. Dengan begitu Anda bisa menentukan produk seperti apa yang dapat menarik perhatian calon pelanggan. Pastikan bahwa produk yang Anda tawarkan adalah produk yang mengedepankan kualitas dan kepuasan Pelanggan, seperti bahan kaos yang adem dan desain yang rapi, dan sablon yang tidak mudah luntur akan menjadikan orang segan untuk memesan kembali kepada Anda.
  2. Modifikasi produk dengan Desain Kaos Yang Up to Date
    Untuk mengembangkan usaha sablon Anda salah satu yang harus dilakukan adalah memodifikasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Ingat, memodifikasi produk yang sudah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing pasar.
    Anda harus pandai – pandai meng-update desain yang sedang booming di kalangan masyarakat. Itu akan menjadi trik jitu untuk menarik minat calon pelanggan.Sekarang coba lihat, di peluang usaha Sablon yang Anda garap siapa saja pemainnya dan apa fitur atau keunggulan dan kekurangan produk dan layanan mereka. Kemudian pelajari juga trend yang ada saat ini, misalnya tren warna, isu dan lain-lain. Hasil dari riset ini akan memunculkan ide segar untuk memodifikasi produk yang unik, sesuai dengan selera pasar dan mengikuti trend. Peluang usaha sablon banyak dilirik orang, saatnya Anda memberikan yang terbaik.Satu saran juga untuk Anda adalah perhitungkan biaya untuk modifikasi, modifikasi produk tak perlu berbiaya mahal. Ingatlah bahwa tujuan Anda adalah menambah keunikan dan nilai tambah bukan menjadikan produk atau layanan Anda lebih mahal.
  3.  Manfaatkan Social Media Anda 
    Jangan hanya mengandalkan Offline Store. Tapi Anda juga harus pandai-pandai memanfaatkan social media untuk pemasaran produk. Menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha jadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu channel social media dapat dikelola sendiri oleh Anda. Pamerkan hasil produksi kaos Anda, terutama di Instagram. Karena banyak calon pelanggan yang menggunakan instagram sebagai media untuk mencari segala macam barang dan instagram adalah sasaran empuk untuk pemasaran produk yang bisa mendatangkan income baik untuk Anda.
  4. Gunakan Sistem PO (Pre Order)
    Sistem ini berlaku jika Anda sudah membuat produk kaos dengan desain yang sudah Anda ciptakan sendiri. Posting di social media. Terutama di Instagram. Tunggu dan lihatlah respon dari mereka. Kebanyakan respon bagus yang akan Anda dapatkan. Misalnya, sudah banyak yang ingin order kaos dengan desain tersebut. Disini Anda bisa memanfaatkan sistem pre order selama 3 atau 4 hari untuk mendapatkan kaos tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyediakan kaos dengan desain yang sama dalam jumlah banyak. Anda hanya perlu membuatkan beberapa kaos yang sudah dipesan saja. Sampai disini jelas kan ? 🙂
  5. Sesekali Adakan Promo Menarik
    Disini , Anda bisa sesekali menarik minat pelanggan dengan memberikan diskon kepada mereka yang akan memesan. Misalnya, untuk pembuatan kaos 20 pcs, Anda dapat memberikan diskon 5% atau bisa juga memberikan bonus souvenir cantik. Anda dapat mempromosikan juga melalui social media , tidak harus bertemu dengan calon pelanggan. Dengan begitu, minat pelanggan dapat meningkat dengan cepat.Demikian, artikel yang dapat saya sampaikan. Adapun kurang lebihnya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi para calon pebisnis muda di generasi yang akan datang. 🙂

Referensi : http://www.putuputrayasa.com/1647/7-cara-jitu-mengembangkan-peluang-usaha-sablon/

Post a comment