Memulai Bisnis Online Pakaian dengan Modal Minim September 18, 2018

Salah satu bisnis online yang tidak akan pernah surut dari zaman ke zaman adalah bisnis pakaian online. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang berpeluang sangat menjanjikan karena pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Bisnis ini memiliki jangkauan yang sangat luas, sehingga perlu kita maksimalkan. Saat kita akan memulai bisnis pakaian online, kita harus memahami dan mempelajari seluk beluk berbisnis online pakaian.

Banyaknya pesaing bisnis online, sering sekali menjadi kendala bagi pebisnis pemula. Bukan hanya itu saja, sebagian besar orang juga sering mempermasalahkan “Modal”, terutama bagi Pemula yang hanya memiliki modal minim. But don’t worry , bagi pemula yang masih memiliki modal yang minim, kalian bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini :

  • Menentukan jenis Pakaian yang Akan Dijual
    Langkah awal ini harus ditentukan untuk memulai bisnis online pakaian. Tentukan jenis pakaian yang paling banyak dicari oleh para pelanggan. Lihat di beberapa lapak online dan cari yang paling laris dipasaran. Kita juga harus tahu jenis pakaian dan bahan yang digunakan untuk mendeskripsikan barang yang dijual. Jangan sampai pelanggan kecewa karena kita salah menuliskan deskripsi.
  • Menjadi Reseller atau Dropshiper PakaianLangkah ini sangat disarankan bagi Pemula yang memiliki modal minim, kita tidak perlu memaksakan diri untuk membuat brand sendiri. Yang perlu kita lakukan adalah belajar mengenai pemasaran pakaian.
    Point penting yang harus diperhatikan untuk menjadi reseller ataupun dropshipper, adalah :

    a) Mencari suplier produk yang terpercaya dan pro aktif saat bekerja sama.
    Mendapatkan supplier yang semacam ini gampang -gampang susah. Kadang ada supplier bagus tapi sulit di ajak kerja sama. Kadang ada yang sudah cocok di ajak kerja sama tetapi barangnya mahal karena bukan supplier utama, dan lain sebagainya. Nah dalam hal ini kita tidak perlu terburu-buru memutuskan, yang terpenting jalani dulu dengan beberapa supplier. Di dalam perjalanan, kita akan menemukan mana supplier terbaik dan supplier tersebut bisa dijadikan rekan bisnis ke depan.

    b) Menjalin hubungan yang baik dengan suplier terpilih adalah cara penting yang dapat kita lakukan.
    Hal ini penting agar suplier dapat melihat kesungguhan kita untuk menjalin kerja sama. Setelah menemukan supplier terbaik, kita jalin hubungan baik dengan supplier. Komunikasikan keinginan kita, dan utarakan sistem kerja sama yang ingin kita jalin sehingga supplier paham  dan  mendapatkan sistem yang win – win solution.    Hal ini penting kita lakukan di awal, agar supplier memperhatikan  dan memahami kesungguhan kita dalam menjalin kerja sama.

    c. Menggunakan cara online dengan sistem dropship. Karena kita tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk stock produk dan sewa tempat usaha.

  • Berinvestasi untuk Ilmu
    Dengan keterbatasan modal yang anda miliki, cara terbaik berjualan adalah secara online dan dengan sistem dropship. Saat ini sistem dropship telah membuka peluang dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi siapa saja yang mau dan berusaha, dengan modal uang hampir nol rupiah. Modal tetap keluar untuk koneksi internet kita.
    Dengan sistem dropship, kita bisa menghemat modal untuk keperluan yang lebih penting yaitu investasi dalam  promosi dan penjualan. Anda bisa belajar teknik marketing online secara otodidak melalui googling, tetapi akan lebih baik jika anda berinvestasi lebih di bidang marketing ini, karena di sini lah kunci dari bisnis. Jika anda sudah menguasai ilmu marketing online, maka anda bisa menjual apa saja, ini akan menjadi bekal anda dan akan menjadi modal utama dalam membangun bisnis anda selanjutnya.
  • Mulailah Stock Pakaian Sendiri dan Membuka Toko Fisik
    Hasil keuntungan yang telah kita peroleh jangan dihabiskan dulu tetapi dikumpulkan untuk modal perkembangan usaha selanjutnya. Pada tahap ini, kita sudah punya modal cukup banyak untuk stock produk sendiri dan mulai membuka toko fisik. Pemasaran online terus dilakukan, dibantu oleh pemasaran offline melalui toko pakaian kita. Pada tahapan ini, kita membutuhkan karyawan baru minimal 1 karyawan untuk melayani pembeli di outlet fisik.

    Karena kita sudah stock produk, maka ada satu ilmu lagi yang harus anda kuasai yaitu ilmu manajemen persedian barang. Semua harus tercatat setiap hari barang yang masuk dan keluar. Proses dalam tahap ini terus berlanjut sampai kita bisa mengumpulkan modal yang banyak untuk persiapan produksi sendiri. Sebelum memproduksi pakaian sendiri, banyak hal yang harus kita pelajari. Mulai dari seluk beluk bahan, proses produksi dari awal sampai akhir, dan manajemen karyawan produksi.

  • Mulailah Produksi Sendiri
    Saat kita sudah mempelajari seluk beluk perbahanan, produksi, dan manajemen karyawan produksi, saatnya kita terjun di produksi pakaian sendiri. Proses ini akan cukup memakan banyak energi dan pikiran dibandingkan proses sebelumnya. Dengan kemungkinan resiko yang lebih besar di depan kita, tetapi potensi keuntungan dan perkembangan bisnis kita akan melaju pesat  jika anda lulus pada tahap ini.
  • Membangun Sistem Kemitraan
    Inilah tahap akhir yang harus kita jalankan setelah kita mampu memproduksi pakaian sendiri. Buatlah sistem kemitraan pakaian dalam bentuk Distributor, Agen, dan Reseller. Paket distributor untuk mitra yang bekerja sama dalam jumlah besar. Paket Agen untuk mitra dengan pembelian sedang. Paket reseller untuk pembelian jumlah kecil. Pebisnis harus bekerja ekstra untuk membangun sistem ini agar semua mitra kita terlayani dengan baik. Sistem kemitraan adalah cara terbaik untuk menjaga stabilitas produksi pakaian kita dan terus membesarkannya.

    Demikian , artikel yang dapat saya sampaikan mengenai langkah-langkah memulai bisnis online pakaian dengan modal minim. Dengan keterbatasan modal yang kita miliki, bukan berarti kita tidak bisa memulai bisnis pakaian. Bahkan dengan modal hampir nol rupiah kita bisa memulainya. Yang terpenting jangan  memaksakan diri meloncat ke tahapan yang membutuhkan banyak modal uang. Mulailah dari yang kecil terlebih dahulu. Kuasai cara memasarkan produknya, lalu .. Berjuanglah .. 🙂

    Referensi : http://bisnisi.com/cara-memulai-bisnis-pakaian-dengan-modal-kecil/
    https://erakini.com/bisnis-pakaian/

Terimakasih segenap kawan yang sudah mampir ke sini . Jangan lupa mampir dan follow ig kita di @konveksijogjaa
Main kekantor juga boleh , Jl. Langensuryo, KT II/176, Yogyakarta.

 

Post a comment