Tentang Dunia Sablon August 27, 2018

Sablon adalah sebuah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, kaos, plastik, kertas, kaca, kayu dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon (atau sering juga disebut film sablon). Kegiatan menyablon sekilas tampak mudah dan sederhana, pada prakteknya menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

 

Keunggulan dari teknik sablon adalah :

  1. Bisa mencetak dengan jumlah yang banyak
  2. Hasil relatif stabil
  3. Menghasilkan beberapa efek menarik, mis : glitters, glow in the dark, timbul, mengkilap/metalik, dsb.
  4. Biaya cetak cukup terjangkau
  5. Fleksibel bisa di aneka jenis permukaan bahan.

Selain itu, banyak sekali yang berminat untuk mempelajari sablon karena teknik sablon ini mudah dipelajari dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya, bila dibandingkan dengan usaha percetakan lainnya.

 

Jenis Sablon Kaos ada 2 macam, digital printing dan manual. Sablon dengan digital printing sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Sedangkan sablon manual lebih sulit, dan tahapannya lebih banyak. Keduanya memerlukan komputer untuk setting gambar.

  1. Digital Printing

Digital Printing adalah sebuah Metode Percetakan dari Gambar berbasis Digital, yang biasanya berupa File, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai Media dengan cara yang Instan dan Cepat. Digital Printing merupakan Hasil Inovasi Perkembangan dari Metode Percetakan yang konvensional, yang muncul seiring dengan Kemajuan Teknologi Dunia yang sudah masuk di Era Digital.

Berikut perlatan yang dibutuhkan untuk digital printing :
    Printer yang sudah dimodifikasi menjadi sistem tabung. Tabung ini nantinya akan diisi dengan tinta khusus untuk sablon (tinta sublim).
  •     Mesin press panas.
  •     Inkjet paper atau transfer paper.
  •     Tinta sublim

2. Manual

Sablon manual adalah teknik sablon yang dalam pengerjaannya dilakukan secara konvensional dengan menggunakan tenaga manusia (handmade), dalam proses pengerjaannya harus memiliki keterampilan khusus dan pengalaman yang cukup lama untuk menghasilkan kualitas yang terbaik, sablon manual tidak dibatasi pada media apa, bahkan tenik ini lebih variatif dan penuh dengan kreatifitas si pembuatnya, dibandingkan dengan sablon digital yang terbatas pada beberapa media tertentu saja dan monoton, biayanya cukup terjangkau, namun proses pengerjaannya cukup memakan waktu yang lama apalagi untuk pemula.

Sablon manual memerlukan peralatan sebagai berikut :
  •  Printer laser
  •  Meja afdruk
  •  Screen
  •  Alat penyemprot air
  •  Rakel
  •  Triplek
  •  Obat Afdruk
  •  Lem kaos
  •  Pasta Sablon
  • Tinta pewarna
  •  Hairdryer

 

Trik untuk Membedakan Sablon Digital atau Sablon Manual :
1. DIRABA. Kalau Anda pernah beli kaos, coba raba, kalau sablonnya TIPIS tapi berwarna warni itu berarti sablon digital. Tapi jika terasa teksturnya dan warnanya sedikit itu sablon manual.
2. DILIHAT. Coba dilihat warna desainnya. Kalau banyak sekali tumpukan warna warni dan gradasi itu berarti sablon digital. Sablon manual menggunakan vektor untuk menumpuk dan memisah warna. Jadi terkesan lebih sulit dan tidak asal ambil gambar.
3. KAOS WARNA. Rata-rata kaos yang pakai sablon digital pasti memakai warna putih atau warna cerah aja seperti pink . kalo ada sablon digital di warna kaos non putih itu berarti memakai sedikit sablon manual (biasanya di warna putih untuk memunculkan warna). Biasanya harga lebih murah dan tidak mahal untuk harga kaos yg memakai sablon digital.

Semoga dengan tambahan informasi ini Anda dapat semakin bijak dalam memilih. Secara keseluruhan, sablon manual lebih diminati dibandingkan dengan sablon digital. Hasil dari sablon manual kualitasnya lebih bagus dibandingkan dengan sablon digital, karena sablon digital masih banyak keluhan, seperti kurang tahan lama, dan tinta sablon pudar jika dicuci berkali – kali.

 

Yuk mampir dan follow IG kita @konveksijogjaa (pakai @) , nanti temen-temen bisa langsung check sendiri produk-produk yang sudah pernah dihasilkan CV. Konveksi Tambang.

 

Referensi : http://tentangsablon.blogspot.com/

 

Post a comment