Cara Merawat Pakaian Jeans Agar Awet August 27, 2018

Pakaian berbahan jeans biasanya berbentuk celana, jaket, over all, rompi, dan rok. Sejak dulu, jeans memang menjadi outfit andalan banyak kalangan. Yang membuat jeans disukai adalah bahannya kuat dan tidak mudah rusak, asal dirawat dengan baik.

Jika ingin jeans kesayangan Anda tahan lama, sebaiknya perhatikan cara perawatannya. Merawat jeans sedikit berbeda dengan pakaian berbahan lainnya seperti katun, spandex atau linen. Perawatan yang tepat bisa membuat celana jeans lebih tahan lama dan semakin bagus dari waktu ke waktu.

Berikut beberapa cara untuk merawat pakaian jeans Anda, :

  1. Baca Instruksi Pada Label.

    How to wash stuff, cara paling aman adalah membaca terlebih dahulu instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Biasanya dituliskan prosedur pencucian, suhu air yang digunakan untuk mencuci juga petunjuk penyetrikaan. Jadi jangan lupa baca dan perhatikan dulu ya ..

  2. Pastikan Jeans Bersih dari Benda – Benda yang ada di Kantong

    Pastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong celana. Seperti uang kertas, koin, pulpen, dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah jeans terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat pencucian. Hindari juga penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan semua warna jeans.

  3. Mencuci Jeans dengan Mesin Cuci, Tangan maupun Dry Clean

    Jika ingin menggunakan mesin cuci, atur pada pencucian ‘delicate’. Sebaiknya saat mencuci jeans disatukan dengan pakaian lain yang juga berbahan denim,pisahkan pakaian jenis jeans dengan pakaian jenis lain, dan tidak lebih dari lima potong. Terlalu banyak jeans yang dicuci dalam watu waktu bisa membuat mesin berat sehingga hasilnya tidak bersih maksimal.
    Bahan jeans lebih “keras” dan berat daripada bahan pakaian lainnya. Belum lagi kemungkinan warna yang luntur. Jadi, sebaiknya Anda mencuci jeans secara terpisah dari pakaian bahan lainnya.Jika ingin menggunakan tangan, terlebih dahulu jeans direndam dalam waktu 15 menit saja. Jika ingin menyikat jeans, pakailah sikat yang berbulu halus atau bisa menggunakan sikat gigi yang lembut, gunakan sikat jika ada noda membandel saja. Jika tidak terkena noda, cukup di kucek dengan tangan saja.Oh iya, Jangan lupa sebelum Pakaian Jeans Anda di cuci , balik pakaian Anda, hal ini meminimalisir kelunturan pada warna jeans.

  4. Jangan Mencuci Pakaian Jeans Terlalu Sering

    Tekstur pakaian berbahan jeans itu tebal dan jalinannya rapat, makanya tidak mudah kotor. Oleh karena itu, Anda tidak perlu sering mencuci pakaian berbahan jeans.Sebaiknya mencuci pakaian jeans setelah 3 – 5 kali pemakaian saja. Hal ini akan membuat warna jeans kamu tetap awet dan tampak seperti baru. Kecuali, disaat pakaian berbahan jeans Anda benar-benar kotor dan lusuh, Anda bisa langsung mencucinya.

  5. Menjemur Pakaian bahan Jeans

    Ketika menjemur jeans , jangan di bawah sinar matahari langsung karena ternyata bisa memudarkan warna. Kebanyakan baju yang berwarna juga kalau kelamaan kena sinar matahari bisa pudar. Cukup diangin-anginkan saja.Jangan lupa untuk membalik sisi bagian luar ke dalam sebelum dijemur, supaya warna jeans tidak cepat pudar karena sengatan matahari. Gunakanlah gantungan pakaian untuk menjemur jeans Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari lipatan jika jeans dijemur di rak jemuran.

  6. Menyetrika Pakaian bahan Jeans

    Saat akan menyetrika pakaian jeans, perhatikan suhu panas yang disarankan di label jeans Anda. Hindari menggosok dengan tekanan berlebihan pada lipatan dan tepi kain.  Setelah siap, sebaiknya jeans tidak dilipat. Simpan di lemari dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menjaga bentuk aslinya.Itulah beberapa cara untuk merawat pakaian berbahan dasar jeans agar tetap awet. Semoga bermanfaat, dan dapat dijadikan solusi terbaik dalam perawatan jeans.

Terimakasih sudah mampir ke cannel website kita. jangan lupa follow IG kita : @konveksijogjaa (pakai @ ya).
CV. Konveksi Tambang.

Referensi : https://bacaterus.com/tips-merawat-pakaian-berbahan-jeans/

Post a comment