Close Order dengan Konsumen July 2, 2018

Dalam sebuah Bisnis, seperti Konveksi Seragam, kita butuh sebuah Trik untuk menarik konsumen untuk order di tempat kita. Nah, disini kita harus belajar banyak hal untuk melakukan close order. Dalam melakukan closing, kita seringkali gagal karena beberapa alasan dari konsumen. Hal tersebut seringkali menjadi momok untuk para pembisnis. Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus melakukan beberapa stage, diantaranya :

  1. Persiapkan StrategiSaat akan melakukan closing, siapkan strategi yang akan Anda pilih untuk melakukan closing dengan konsumen. Pilihlah strategi yang jelas , perkirakan hal-hal apa saja yang akan terjadi saat closing berlangsung. Tentukan respon dengan tepat.
  2. Berlatih dan EvaluasiLatih respon Anda untuk setiap situasi sampai jadi natural. Setiap kali Anda melakukan proses closing, maka jadikan itu sebagai sarana evaluasi Anda, sehingga setiap hari skill Anda akan menjadi semakin baik.
  3. Mempertajam Strategi Marketing/PenjualanDalam hal Penjualan, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kuasai knowledge produk. Selain itu Anda juga harus bisa menguasai beberapa strategi marketing. Baik di dalam promosi, sistem bisnis, dan sebagainya. Misalnya bekerjasama dengan pebisnis lain atau mengikuti kegiatan workshop dan seminar.
  4. Berikan Pelayanan yang Terbaik kepada KonsumenDalam berbisnis , jangan lupakan point pelayanan terhadap konsumen. Walaupun produk yang Anda hasilkan adalah produk yang terbaik, jika tidak disertai dengan pelayanan yang baik, bisa jadi konsumen akan berpikir perkali-kali untuk memesan produk kita.
  5. Perhatikan Kondisi Emosi ProspekSebelum melakukan closing, perhatikan bagaimana tingkat emosional yang sedang dialami oleh calon konsumen. Jika kondisi emosional sedang tidak baik, maka jangan lakukan closing terlebih dahulu. Kita bisa kembali melakukan closing di waktu yang tepat.
  6. Buka Semua Jalur KomunikasiTidak lagi cukup dengan lewat email, maksimalkan pelayanan anda dengan membuka jalur komunikasi lainnya seperti telepon dan chat (WhatsApp). Anda juga bisa memanfaatkan social media seperti Instagram dan Facebook.
  7. InteraksiSetelah Anda memberikan penjelasan, perhatikan prospek, apakah mereka memberikan respon yang positif. Jika mereka menanyakan beberapa hal terhadap Anda, maka jawablah pertanyaan satu per satu dengan baik. Setelah itu, Anda bisa melakukan closing dengan cara bertanya balik kepada konsumen, apakah mereka mau order/membeli produk kita.
  8. Berikan Testimoni yang MeyakinkanSebelum kita ke point selanjutnya, disini Anda harus memberikan Testimoni kepada calon konsumen agar mereka yakin dalam melakukan pemesanan/order kepada kita. Berikan testimoni yang mendukung penjualan Anda.
  9. Tidak MemaksaSetelah Anda melakukan closing, berilah mereka waktu untuk berfikir. Berilah ruang kepada mereka untuk fokus menentukan pilihan. Jangan terburu-buru untuk berbicara.
  10. Rincian OrderJika calon konsumen sudah deal untuk melakukan order, Anda bisa langsung memberikan rincian order.
    Dalam bisnis konveksi, Anda harus menyampaikan beberapa hal terkait dengan orderan. point-point saat akan melakukan order adalah Harga, Bahan Kain (jika itu konveksi), Deadline/Pengambilan, dan Pembayaran. Untuk itu kita harus rinci terkait hal-hal diatas.Itulah beberapa point untuk melakukan close order dengan calon konsumen. Adapun kalanya, jika kita gagal melakukan closing, kita tidak boleh menyerah. Teruslah berusaha, karena close order dengan calon konsumen bisa Anda lakukan setiap saat. Closing tidak hanya dilakukan satu, dua kali saja. Untuk itu tetaplah semangat dan jangan mudah bosen melayani konsumen yang akan melakukan order di tempat Anda. Di CV. Konveksi Tambang, kita akan terus melakukan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Di dalam sebuah bisnis, tidak sedikit, calon konsumen yang hanya sekedar bertanya tentang harga, dan lain-lain. Kita harus tetap sabar dan jangan lupa selalu tersenyum.

    Referensi : http://mebiso.com/10-kiat-sukses-menutup-deal-dengan-customer/

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu