Mengenal Tipe Konsumen dan Cara Menghadapinya June 1, 2018

Salah satu faktor terpenting yang menjadikan bisnis yang kita jalankan dapat sukses di masa depan adalah kemampuan untuk memperlakukan konsumen dengan baik. Keberadaan konsumen akan sangat berpengaruh terhadap maju mundurnya perkembangan bisnis yang dijalankan. Untuk itu, pemahaman karakter/tipe yang konsumen miliki perlu kita perhatikan dengan baik. Hal ini bermanfaat, agar kita dapat memperlakukan konsumen sesuai dengan apa yang mereka mau.

Sebelum kita melakukan pendekatan dengan konsumen, terlebih dahulu kita memperkenalkan diri dan menjelaskan produk yang kita miliki (prospek). Gunakan waktu sekitar 2-3 menit untuk prospek dan kita harus bisa menentukan tipe konsumen. Setelah kita tentukan tipe konsumen tersebut, kita juga harus bisa menentukan sikap dan tindakan untuk melayani konsumen dengan tipe tersebut.

Berikut beberapa tipe konsumen yang perlu diketahui :

  1. Pendiam
    Tipe konsumen ini biasanya tidak banyak bicara. Konsumen akan sangat sulit bicara jika tidak dipancing oleh lawan bicaranya. Tipe orang seperti ini biasanya memiliki jaringan pertemanan yang terbatas karena mereka sangat jarang bergaul dengan banyak orang.Cara menghadapi tipe konsumen ini adalah :
    -siapkan mental untuk menjadi pembicara karena Anda akan lebih banyak berbicara dibandingkan mendengarkan.
    -mulailah pembicaraan yang sifatnya ringan, jangan terburu-buru untuk mengajak konsumen membicarakan tentang produk dan masalah penjualan.
    -Jangan lupa sertakan senyum dalam melayani konsumen tersebut.
  2. Cerewet
    Tipe konsumen ini biasanya sangat aktif berbicara. Dia akan berbicara banyak hal dengan lawan bicaranya tanpa harus dipancing terlebih dahulu. Tidak jarang, konsumen seperti ini terlihat mengenal dan sangat dekat dengan kita. Konsumen dengan tipe seperti ini sangat mudah untuk diajak bicara dengan gaya yang santai dan akrab.Cara menghadapi tipe konsumen ini adalah :
    -Jadilah pendengar yang baik ketika konsumen tipe ini mulai berbicara
    -Kuasai info akurat tentang produk yang kita sediakan
    -Tanggapi dengan kalem, jika menemukan konsumen tipe ini jangan sesekali ditanggapi dengan cerewet. Karena bisa jadi masalah tidak akan selesai
    -Jangan lupa sertakan senyum dalam melayani konsumen tersebut.
  3. Arogan
    Tipe konsumen ini biasanya merasa pendapat dirinya paling benar dan tidak mau menerima pendapat/sanggahan dari orang lain. Konsumen tidak mau tau dengan apa yang orang lain bicarakan, seakan-akan dia paling mrngetahui segala hal termasuk produk yang kita jual.Cara menghadapi tipe konsumen ini adalah :
    -harus sabar dan jangan mudah tersinggung
    -puji mereka dengan sopan , konsumen tipe ini sangat senang dipuji
    -ada baiknya kita memberikan informasi melalui brosur atau melihat produk langsung
    -Jangan lupa selalu tersenyum
  4. Sombong
    Sombong diartikan sebagai orang yang terlalu membanggakan diri sendiri dan sengaja memamerkan kemampuan yang dia miliki.Cara menghadapi tipe konsumen ini adalah :
    -Bersabarlah, biarkan mereka mengutarakan hal sesuka hatinya
    -Berikan kesan bahwa kita setuju dengan pendapat mereka
    -berikan pujian
    -Jangan lupa tersenyum
  5. Hemat
    Tipe konsumen seperti ini biasanya sangat detail dalam memperhitungkan besar untung, rugi dan manfaat dari barang yang mereka beli. Namun, tipe konsumen seperti ini sangat berlebihan.Cara menghadapi tipe konsumen ini adalah :
    -siapkan data dan hitungan untuk produk secara lengkap
    -Sampaikan manfaat dari setiap produk
    -jangan abaikan manfaat, fungsi dan perhitungan produk
  6. Pembanding
    Tipe konsumen ini biasanya sudah faham betul mengenai produk yang kita miliki. Bisa jadi konsumen sudah menguasai segala sesuatu tentang produk kita.Cara menghadapi tipe konsumen ini adalah :
    -Kuasai produk semaksimal mungkin, agar mampu meyakinkan konsumen
    -Jangan mudah terjebak dengan cara membandingkan produk lain tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan.
    -Jika kita belum faham betul mengenai produk yang kita miliki, sebaiknya berhati-hati dalam menyampaikan ulasan produkSekian, 6 tipe konsumen yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi semua.

    Pesan kemeja mu sekarang !!!
    CV. Konveksi Tambang selalu bersedia memberikan hasil yang terbaik untuk para Customer. Dengan pilihan bahan yang terbaik dan mutu yang terjamin.

    Referensi : https://www.bitebrands.co/2017/10/jenis-macam-pelanggan-pembeli-tipe-cara-menghadapi.html

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu