Mempelajari Perilaku Konsumen di Pasar Online May 31, 2018

Perkembangan jaman dari tahun ke tahun semakin maju, seperti halnya perkembangan Pasar online yang menyediakan barang/produk yang kita butuhkan. Dalam pemasaran produk kita, seperti produk konveksi dan lain –  lain, kita harus mempelajari dan memahami perilaku konsumen yang tertarik dengan produk kita.

Dalam pasar yang semakin tinggi tingkat persaingannya, tuntutan konsumen yang semakin tinggi dan sangat ingin diperlakukan secara khusus, pemahaman akan konsumen sangatlah penting. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan tentang perilaku konsumen demi memuaskan konsumen dan memenangkan persaingan.

Pemahaman terhadap perilaku konsumen sangat bermanfaat untuk kepentingan penyusunan strategi pemasaran.

Berdasarkan sikap konsumen, pemasar dapat menyusun strategi promosi, khususnya iklan secara tepat.

  1. Penyuka Discount
    Ketika orang berbelanja, pasti Dia akan tertarik dengan adanya diskon. Dalam sebuah pemasaran, kita harus bisa menguasai beberapa materi agar dapat bersaing dengan penjual lain. Salah satunya, adalah memberikan diskon/potongan yang menarik pada produk yang kita jual.
  2. Search & Search
    Orang berbelanja Online, tidak lantas berhenti pada satu pilihan saja. Biasanya, orang akan mencari beberapa Toko online yang tersedia. Yang pertama orang lihat ketika membuka Laman kita adalah cover/tampilan halaman. Tidak hanya itu, didalamnya juga harus disertakan penjelasan yang meyakinkan orang untuk membeli produk kita.
  3. Harga Miring
    Dalam berbelanja, Orang biasanya akan tertarik jika harga di Olshop kita lebih murah dibandingkan olshop lainnya. Orang akan membandingkan harga produk yang sama, dari Olshop satu ke Olshop lainnya. Untuk itu kita harus memahami betul apa yang Konsumen inginkan.
  4. Takut Kena Tipu
    Berbelanja Online sangat rentan terhadap kasus penipuan. Tidak sedikit Olshop yang nakal, melarikan uang konsumen yang sudah di transfer. Banyak konsumen yang menginginkan pembayaran COD / Bayar di Tempat. Namun tidak semua Olshop memfasilitasi pembayaran dengan cara seperti itu. Cara paling mudah untuk mendapat kepercayaan konsumen adalah exist di social media, dan bergabung di komunitas bisnis & wirausaha.
  5. Referensi dari Teman
    Orang berbelanja Online lebih tertarik dan percaya apa kata teman dibandingkan dengan iklan yang tersedia. Konsumen dapat membandingkan satu per satu produk yang dibeli oleh teman-temannya. Orang akan merasa lebih aman jika mendapatkan referensi dari orang yang sudah jelas tau tentang Olshop tersebut.
  6. Sekedar Tanya
    Dalam menghadapi Konsumen yang “Sekedar Tanya” kita harus ekstra sabar. Mereka hanya akan “berkonsultasi” mengenai produk yang kita punya. Tidak sedikit kita menemukan Konsumen yang seperti ini. Mengenai hal ini, kita harus cerdas dalam melayaninya. Banyak kasus yang terjadi, sudah melakukan komunikasi panjang lebar dengan kita, tapi membatalkan pembelian dengan alasan penawaran produk dari Olshop lain lebih menarik, diwaktu yang sama. Selain menjual suatu produk, kita juga harus siap menjadi konsultan ahli bagi Calon Konsumen.Itulah beberapa Perilaku konsumen yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat, dan menjadi pemahaman tambahan untuk kita saemua.

    Untuk para Calon Konsumen yang masih ragu mau bikin seragam dimana, disini tempatnya. :)) Kita sediakan berbagai macam pilihan model seragam beserta harganya. Dari harga termurah hingga harga Tertinggi. Buruan ke CV. Konveksi Tambang, kami akan siap membantu segala keluhan Anda untuk pembuatan seragam.
    Sampai Jumpa :)) kami tunggu sapaan kalian …

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu