Tips Aman Belanja Online May 30, 2018

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia internet berkembang dengan pesat sejak kemunculannya. Sekarang ini, banyak bermunculan situs – situs online shopping, blog – blog online ataupun situs komunitas yang tidak hanya sebagai situs pertemanan tetapi juga menawarkan forum jual-beli yang menyediakan pernak – pernik kebutuhan kita.

Dengan adanya internet, kita mudah mendapatkan informasi, maupun berita apapun dengan update. Segala aktivitas dapat kita akses, salah satunya berbelanja. Untuk orang yang malas keluar rumah untuk berbelanja, internet sangatlah berguna. Kita hanya cukup menggunakan ponsel ataupun laptop untuk mengakses segala jenis kebutuhan yang kita cari.

Dalam berbelanja online, kita harus memperhatikan beberapa hal demi keamanan berbelanja. Berikut beberapa tips Aman Berbelanja Online.

  1. Lakukan riset terhadap Situs Tersebut

Ketika menggunakan website baru untuk melakukan pembelian, baca ulasannya dan lihat apakah konsumen lain memiliki pengalaman positif atau negatif terhadap situs tersebut. Pastikan toko online yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik. Cari alamat fisik toko dan kontak telepon yang bisa dihubungi. Cara terbaik menemukan penjual terpercaya adalah melalui rekomendasi dari sumber terpercaya.

2. Tinggalkan, Jika Ragu

Tautan pada email atau postingan sering menjadi cara penipu mencuri informasi Anda atau menginfeksi perangkat Anda.

3. Informasi Personal harus Dilindungi

Ketika melakukan pembelian online, waspadai jenis informasi yang perlu Anda berikan untuk melengkapi transaksi. Pastikan Anda merasa penjual memang perlu meminta data tersebut. Ingat, Anda hanya perlu mengisi beberapa bagian yang diminta saat checkout.

4. Periksa Paket Barang dengan Membaca Deskripsi Produk baik-baik.

Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

5. Jangan mudah Tergoda Barang Murah

Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer.

6. Pilih Pembayaran yang Aman

Bertransaksi online memang paling nyaman jika menggunakan kartu. Meski demikian, Anda sebaiknya menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu debit. Hal ini dikarenakan kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit sementara kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank Anda. Tentu saja ini sangat riskan sebab jika informasi tersebut bocor, hacker dapat dengan mudah mengacaukan keuangan Anda.

7. Simpan Password Dengan Baik

Banyak situs toko online mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

8. Simpan Salinan Pesanan Anda

Anda biasanya akan mendapatkan konfirmasi berisi informasi mengenai detail transaksi, mulai dari harga hingga syarat pengembalian. Simpanlah berkas ini dengan baik hingga barang sampai di tangan agar Anda dapat meminta pertanggung jawaban jika terjadi sesuatu dengan pesanan.

9. Pengiriman

Biasanya, barang yang sudah dibeli oleh konsumen akan dijanjikan datang dalam waktu tertentu, biasanya 2-3hari (normal). Perhatikan informasi bagaimana cara perusahaan menangani kendala jarak ataupun masalah pembayaran dan pengantaran barang. Perhatikan juga apakah barang garansi / pengembalian barang jika ada kecatatan / tidak sesuai pesanan.

Itulah beberapa tips Aman sebelum melakukan transaksi via online. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terlepas dari itu, disini CV. Konveksi Tambang menawarkan jasa pembuatan Kaos, Kemeja, PDL, PDH, Jaket, Topi, Rompi dan lain-lain. Buat kalian yang takut belanja online, mending bikin di sini, dijamin Amanah dan Hasil terbaik. Kalian juga bisa Check sendiri buat hasil produksi seragam yang Konveksi bikin. Kita senang kalo bisa membangun Kerjasama dengan Kalian.

Sampai jumpa di Artikel selanjutnya…

 

Referensi : https://www.maxmanroe.com/6-tips-cara-aman-berbelanja-online-di-internet.html

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu