MESIN POTONG KAIN April 17, 2018

Proses produksi Konveksi atau garment biasanya dalam hal pemotongan kain di lakukan secara sekaligus. Bisa sampai 10 tumpukan dan bahkan lebih. Karena kita tau jika konveksi bisa mengerjakan produksi pakaian secara massal. Untuk itu bagi yang ingin membuka atau memulai usaha konveksi wajib tau jenis alat yang dapat mendukung proses produksinya lebih cepat.
Ada banyak jenis mesin potong kain yang di gunakan oleh para pelaku usaha konveksi sebagai pengganti gunting kain. Di antaranya adalah
Straight Knife , Rotary Cutter, Band Knife , Die Cutting Press dan Laser Knife .
Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan kita bahas satu persatu dari kelima jenis mesin potong kain di atas.

 

  1. Straight Knife
    Straight Knife adalah sejenis mesin potong kain yang mempunyai mata pisau berbentuk lembaran plat baja lurus dengan ukuran antara 5 hingga 14 inci. Ketika digunakan untuk memotong kain mata pisau tersebut bergerak naik turun (dua arah) secara otomatis dan memotong susunan kain yang cukup tinggi sesuai kapasitas mesin potong.
    Mesin ini mampu memotong sedikitnya hingga 10 tumpukan kain dan ini tentu dapat menghemat waktu dalam proses potong kain. Harga Straight Cutter bervariasi dari mulai 1 jutaan hingga 2 jutaan dan itu bisa di beli di toko mesin jahit atau bisa secara online.

 

2. Rotary Cutter
Rotary cutter atau round cutter adalah semacam alat potong kain yang punya mata pisau berbentuk piringan dengan diameter antara 2,5 hingga 10 inci. Ketika digunakan untuk memotong kain, mata pisau akan bergerak memutar dan memotong berbagai jenis kain tekstil dengan hasil yang jauh lebih rapi serta akurat.

 

3. Band Knife
Band knife adalah sebuah mesin potong kain yang dilengkapi dengan mata pisau berbentuk pipih dan saling menyambung pada kedua ujungnya. Mata pisau tersebut dikontrol oleh beberapa roda penggerak yang juga berfungsi untuk menjaga ketegangan lembaran mata pisau.
Harga Band Knife bervariasi sesuai dengan tingkatannya, mulai dari 500 ribuan hingga 1 jutaan lebih, mesin ini cocok untuk memotong kain dalam jumlah sedikit dan cara menggunakannya adalah dengan mengarahkan kain ke mesin mengikuti pola yang telah dibuat.
Saat digunakan untuk memotong kain, mata pisau akan melingkar searah jadi mata pisaunya bergerak statis. Anda harus mendorong tumpukan kain yang akan dipotong kearah mata pisau yang terus berputar sesuai bentuk pola baju yang akan dipotong.

 

4.Die Cutting Press
Die cutting press adalah sejenis mesin potong cetak yang mempunyai mata pisau berbentuk pola komponen yang akan dipotong dan digerakkan secara hidrolik. Mesin ini dirancang khusus untuk memotong komponen atau bagian tertentu dari pakaian yang memerlukan ketelitian tinggi, sebut saja bagian kerah, kantong, klep, dan manset.
Biasanya Mesin ini dipakai untuk memotong bahan rib dalam pembuatan kaos dan hoodie. Mesin potong ini memiliki fitur measurment yang bermanfaat untuk melihat ukuran lebar kain yang akan dipotong. Cara menggunakan mesin ini juga sangat mudah, hanya dengan memasukan kain yang akan kita potong dan mengatur lebar yang akan dipotong. Harga Die Cutting Press ini mulai dari 2 jutaan hingga 5 jutaan.

 

5. Laser Knife
Laser knife adalah mesin potong otomatis generasi terbaru yang memiliki sistem dan cara kerja yang cukup canggih. Mesin ini memancarkan sinar laser yang besarnya 0,1 mm sehingga dapat menghasilkan potongan kain yang dijamin akurat sesuai bentuk dan ukuran pola baju. Untuk harga Laser Knife terbilang cukup ekonomis karena berkisar antar 1 jutaan keatas.

 

Itulah kelima jenis mesin potong kain yang bisa di jadikan sebagai pengganti gunting kain. Dan tentu bisa mempercepat proses pemotongan kain dalam usaha konveksi. Semoga bermanfaat.

 

Referensi : https://fitinline.com/article/read/5-jenis-mesin-potong-kain-untuk-industri-garmen/

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu