BAHAN JAKET April 13, 2018

Jaket adalah baju luar yang fungsinya untuk menahan angin dan menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Selain itu juga jaket bisa digunakan untuk keperluan fashion.

Jaket juga memiliki kantong dibagian bawah kiri dan kanan, ada juga yang tidak memakai kantong. Terkadang juga jaket memiliki hoodie atau penutup kepala.

Hampir semua jaket menggunakan resleting atau kancing pada bagian depan yang terpasang dari leher hingga ujung bawahnya. Namun, ada beberapa jaket juga yang tidak ada bukaan pada bagian depannya.

Selain model, jenis kain yang digunakan untuk pembuatan jaket juga beraneka ragam. Mulai dari bahan jaket yang tipis sampai tebal, ada juga yang anti air dan angin, hingga bahan jaket dari kulit alami. Tapi tidak semua jenis bahan jaket bisa dipakai untuk semua model jaket.

  1. Taslan

Bahan taslan adalah bahan yang seringkali kita jumpai untuk pembuatan jaket. Karakteristiknya yang tahan air (waterproof) membuat bahan ini sangat diminati oleh masyarakat. Karena sifatnya yang tahan air, jaket berbahan taslan biasa digunakan untuk jaket outdoor. Teksturnya lebih tebal, lembut dan kuat dibandingkan dengan bahan parasut.

 

2. Mayer

Bahan mayer adalah bahan jenis parasut yang memiliki karakter bahan lebih tipis di banding taslan. Namun meskipun tipis dan lembut bahan ini juga memiliki fungsi yang sama seperti taslan. Mampu menahan angin dan air sehingga sangat cocok untuk jaket bomber atau jaket gunung.

 

3. Micro

Bahan micro adalah bahan kain microfiber terbaik yang memiliki perpaduan campuran dua jenis polymer, yaitu nylon (polyamide) dan polyester dengan ratio perbandingan 80% polyester dan 20% polyamide. Kain ini umumnya akan menyerap air lebih baik dan proses kering lebih cepat.

 

4. Fleece

Bahan kain ini memiliki bulu halus, tekstur yang lembut, dan besifat menyerap air (Hidrofobik). Jika dipakai untuk membuat jaket, bahan fleece sangat baik dalam menahan panas tubuh sehunggai penggunanya akan merasa hangat.

 

5. Baby Terry

Bahan baby terry adalah bahan kain yang terbuat dari serat kapas dan memiliki keistimewaan serta keunikan tersendiri, dibandingkan dengan jenis lainnya. Keistimewaannya adalah terletak pada teksturnya yang sangat lembut dan nyaman ketika dipakai, serta tidak mudah membuat kulit teriritasi.

 

Referensi : http://vendorjaket.com/8-jenis-bahan-kain-yang-tepat-untuk-membuat-aneka-jaket/

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu