KAIN FLANEL April 6, 2018

Kain flanel merupakan kain yang dibuat dari serat wool dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel dengan beragam jenis dan tekstur. Proses ini disebut dengan wet felting. Kain ini sangat mudah dijumpai dipasaran , harga juga masih terjangkau.

Secara umum, kain flanel terdiri dari Flanel acrylic, bamboo, blend, wool, polyester.

  1. Flanel Acrylic

Kain ini dibuat dari bahan baku sejenis serat plastik. Semakin padat dan berbulu, semakin bagus kualitasnya. Flanel acrylic banyak dicari oleh masyarakat. kualitas kain flanel dari bahan ini berbeda-beda tergantung harga.

  1. Flanel Bamboo

Kain ini terbuat dari campuran serat bambu dan kayu. Jenis kain ini karena memang terbuat dari bahan alami maka bisa dengan cepat terurai oleh alam. Namun, flanel bamboo ini masih langka ditemukan di Indonesia.

  1. Flanel Blend

Kain ini terbuat dari campuran wool domba dan rayon, banyak varian warna dan jenis. Kain ini memiliki tekstur lebih padat dan tidak mudah melar.

  1. Flanel Wool

Jenis flanel ini terbuat dari full wool. Harganya paling mahal diantara jenis kain flanel lainnya. Karakteristik kain ini lebih berserat dan tebal.

5. Flanel Polyester

Jenis kain ini terbuat dari serat sintesis yang berasal dari minyak bumi. Karakteristik kain ini lebih licin dibandingkan kain acrylic. Harga kain flanel polyester juga tidak jauh berbeda dengan harga acrylic.

 

Dikembangkan dari :

http://blog.ndandut.com/2013/07/jenis-jenis-flanel.html

Jenis Kain Flanel

 

 

 

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu