MACAM SABLON March 29, 2018

 

  1. Sablon Rubber
    adalah sablon yang bersifat menutupi serat kain yang timbul serta hasil sablon yang sangat elastis, sering disebut dengan sablon karet. Selain digunakan untuk sablon utama, biasanya sablonrubberdimanfaatkan sebagai underbaseUnderbase adalah istilah tinta dasar sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna lainnya. Underbase biasanya berlaku pada kaos hitam dan kaos berwarna gelap lainnya.

Keunggulan dari sablon ini selain elastis dan fleksibel, sablon ini juga cenderung awet dan bisa disetrika.

  1. Sablon Pigmen
    adalah bubuk pewarna tinta sablon yang bersifat meresap kedalam serat kain. Sablon ini hanya bisa digunakan untuk menyablon warna kain terang. Kelemahan sablon pigmen adalah bahan ini tidak bisa disablon pada kain kaos yang berwarna gelap dikarenakan karakternya tidak mampu mengalahkan karakter pewarna serat kaos. Sablon pigmen sangat cocok untuk diaplikasikan pada desain kaos yang besar atau lebar karena hanya menggunakan sedikit tinta sablon.

3. Sablon Plastisol

adalah sablon yang terbuat dari minyak atau biasa disebut PVC yang mempunyai daya rekat sangat kuat. Plastisol menjadi salah satu jenis sablon mahal karena mempunyai beberapa kelebihan seperti dapat mencetak dot atau raster dengan ukuran sangat kecil dengan hasil yang bagus. Untuk dapat mengeringkan sablon plastisol ini dibutuhkan suhu minimal 160 derajat celcius sehingga membutuhkan sebuah alat khusus untuk mengeringkannya. Untuk mengeringkan dengan maksimal, setidaknya tinta sablon ini butuh beberapa peralatan seperticonveyor curing, flash curing, sinar infra merah atauhot gun. Sebab tinta ini berbasis minyak dan tidak dapat kering dengan sendirinya seperti tinta  pada umumnya.

 

  1. Sablon DTG
    DTG adalah Kependekan dari Direct to Garment adalah sebuah proses dimana gambar dicetak langsung kedalam kaos. Berbeda dengan jenis sablon sebelumnya yang bersifat manual dalam proses pengerjaannya, Sablon DTG membutuhkan mesin digital/printer dalam prosesnya.

 

  1. Sablon Superwhite

sablon jenis ini memiliki karakter yang hampir sama seperti sablon pigmen, yaitu dapat menembus serat kain. Bedanya, tinta sablon superwhite bersifat lebih transparan dan bisa diaplikasikan pada kain berwarna gelap. alah satu ciri khas yang dihasilkan tinta model ini adalah warnanya yang cenderung pudar (turun warna). Salah satu ciri khas yang dihasilkan tinta model ini adalah warnanya yang cenderung pudar (turun warna). Tinta sablon superwhite terdiri dari dua jenis varian, yaitu white untuk tinta putih dan color tinta warna lainnya. Tinta superwhite juga bisa diracik menjadi tinta sablon manual jenis discharge jika dicampur dengan bahan terntentu.

 

  1. Sablon Glow in the Dark

Sablon jenis ini memiliki keistimewaan mampu menyala di tempat yang gelap. Jika dilihat ditempat gelap, sablon dengan tinta Glow in the Dark akan menyala karena cat yang dipakai mengandung fosfor. Karakter fosfor bisa menyerap cahaya kemudian memancarkannya kembali. Sampai saat ini, tinta sablon Glow in the Dark yang dijual umum di pasaran baru menyediakan dua jenis varian warna: Green Glowing (nyala hijau) dan Orange Glowing (nyala jingga).

 

  1. Sablon Flocking

Sablon flocking, atau yang biasa disebut dengan sablon beludru adalah sablon model manual yang menghasilkan efek Beludru. biasanya ditambahkan bahan seperti beludru untuk lapisan agar membentuk permukaan timbul yang disatukan dengan perekat tertentu.

Sablon flocking berbeda dari yang lain karena baru bisa diaplikasikan pada satu warna dan hanya berbentuk tulisan sederhana saja. Gambaran umum teknis penyablonan model flocking adalah dengan menambahkan kertas atau taburan bubuk di atas lem flocking atau pasta dan membiarkannya tersisa mengikuti lem sesuai bentuknya.

 

  1. Sablon Glitter

Glitter adalah pewarna yang terbuat dari micca yang digunakan untuk menghasilkan efek kerlap kerlip pada lapisan terakhir sablon kaos. Hasil sablon dari glitter akan tampak modern dan glamor karena unsur transparan yang dihasilkan. Sablon glitter memiliki beragam jenis permukaan, dari mulai yang berbentuk paling halus hingga yang berbentuk paling kasar.

Banyak orang yang menyebutkan sablon glitter ini adalah sablon terbaik karena hasil yang tampak modern karena unsur transparan yang dihasilkan terlihat indah.

  1. Sablon Foil

Foil adalah teknik sablon manual dengan menggunakan lapisan bahan kertas logam (seperti alumunium foil). Sablon foil memberi efek pantulan dan mengkilat pada sablon. Dalam proses penyablonan, sablon dengan metode foil menggunakan lapisan kertas logam yang direkatkan dengan perekat khusus. Bahan kertas untuk sablon foil pun hanya tersedia dalam pilihan beberapa warna saja.

Bahan ini juga hanya bisa diaplikasikan pada desain kaos yang sederhana. Untuk satu pesanan hanya bisa menggunakan satu warna. Dibandingkan dengan bahan sablon manual lainnya, Foil lebih membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya.

 

Sumber pengembangan :

https://berkaos.com/macam-jenis-sablon-kaos-manual/

https://japanesian.id/mengenal-jenis-jenis-sablon-untuk-kaos/

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu