TIPS SUKSES BERBISNIS March 25, 2018

BISNIS – Hampir semua orang ingin memiliki bisnis yang besar. Setiap orang memiliki impian yang akan diwujudkan didalam hidupnya. Akan tetapi, dalam membangun sebuah BISNIS yang besar dan sukses , itu hanya mampu dilakukan oleh segelintir orang yang memiliki semangat, pantang menyerah dan visi misi yang jelas.

Dalam membangun sebuah bisnis yang diinginkan, kita harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Nah, di bawah ini kita akan ulas untuk beberapa Tips sukses untuk membangun sebuah bisnis , berikut point-point nya :

  1. Yakinkan Diri Anda

Saat merintis sebuah bisnis, Anda harus meyakinkan diri Anda. Jika masih setengah hati dalam menjalankannya, Anda akan mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih usaha Anda sukses, bisnis yang Anda bangun justru akan berhenti ditengah jalan.

  1. Pilihlah Model Bisnis yang akan dijalankan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pilihlah bisnis yang paling Anda sukai dan Anda kuasai.  Menjalankan sesuatu sesuai dengan passion akan membuat Anda lebih rileks, bahkan saat diterjang kondisi apapun. Dan hal yang terpenting adalah pahami potensi yang Anda miliki dan fokuslah pada bisnis yang Anda jalankan.

  1. Persiapkan Visi dan Misi yang jelas

Setiap Bisnis/usaha, pasti memiliki visi dan misi yang jelas. Carilah visi & misi yang bersifat membangun, fleksibel dan inovatif.

  1. Berpikir Kreatif & Inovatif

Sebuah bisnis akan terus berkembang jika Anda menyukai tantangan tentang hal – hal baru yang akan menunjang kesuksesan bisnis Anda.

  1. Kembangkan Potensi Diri

Mulailah membuka dan mengembangkan potensi yang Anda punya. Cobalah dengan beberapa eksperimen untuk menentukan hal mana yang terbaik untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

  1. Susunlah strategi bisnis yang akan Anda jalankan

Pilih strategi bisnis yang mumpuni. Strategi yang akan membuat bisnis Anda terus mengalami peningkatan.

  1. Fokus pada bisnis yang akan dijalankan

Jika Anda sudah terjun ke dunia bisnis, fokuslah pada bisnis yang sedang Anda tekuni. Fokus pada satu tujuan yang paling penting untuk bisnis Anda.

  1. Rajin membuat catatan

Susunlah sebuah catatan seperti konsep bisnis, strategi bisnis, hambatan – hambatan, dan hasil yang akan Anda capai.

  1. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Dalam dunia bisnis, pasti ada lika – liku dalam menjalaninya, Anda tidak perlu takut jika suatu saat menemui situasi yang sangat sulit. Anda perlu kuatkan niat, tekad dan kepercayaan diri Anda.

  1. Terbuka terhadap setiap evaluasi

Belajarlah terbuka terhadap proses penilaian akan efektivitas strategi yang digunakan dalam upaya pencapaian tujuan tertentu.

  1. Terus belajar dan jangan cepat puas

Untuk pencapaian terbaik, Anda dituntut untuk terus belajar dan jangan cepat puas dengan hasil yang Anda peroleh. Karena jika Anda tidak meningkatkan kinerja, Anda hanya akan berhenti di hasil yang sama. Tidak ada kemajuan dan tidak ada perkembangan untuk hasil yang lebih baik.

  1. Siapkan Modal Usaha

Perhitungkan modal usaha dengan matang. Atur seluruh pemasukan dan pengeluaran untuk bisnis Anda.

  1. Lihat Peluang Bisnis

Jika Anda akan merintis suatu bisnis, lihatlah peluang usahanya. Apakah ada banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan atau malah sebaliknya.

  1. Tentukan Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok pembeli yang memiliki kesamaan sifat yang membuat pasar berdiri sendiri. Dalam menentukan target pasar, Anda harus memilih konsumen mana yang akan Anda layani.

  1. Persiapkan Operasional

Persiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan bisnis Anda. Persiapan operasional tidak harus mencakup jumlah yang banyak.

  1. Pilih SDM yang Tepat

Dalam pemilihan SDM , Anda harus memilih orang yang benar-benar serius dan menekuni bisnis tersebut. Utamakan pengalaman dan pilihlah orang yang memiliki jiwa pekerja keras.

  1. Pahami Kompetisi

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus memahami kompetisi yang berlaku diluar sana. Jangan hanya duduk manis setelah bisnis Anda berjalan dengan lancer, tetapi ciptakanlah hal yang baru.

  1. Mental Baja

Dalam dunia bisnis, Anda nantinya akan menemui saat dimana Anda mengalami kesulitan , entah itu hantaman dari usaha lawan maupun dari sisi lain. Disini , Anda harus memiliki mental yang kuat dan berani bangkit dari keterpurukan.

  1. Action

Siap menjalankan bisnis , lakukan yang terbaik dan kembangkan bisnis Anda melalui eksperimen yang sudah Anda buat. Jika itu dilakukan dengan niat yang kuat, maka usaha Anda tidak akan sia-sia.

 

Sukses berbisnis dan semoga masa depan Anda semakin berwarna

 

 

Dikutip dari : http://bisnis.liputan6.com/read/3166427/20-tips-sukses-bangun-bisnis-dari-nol

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu