Jenis Bahan Kaos March 23, 2018

Jenis kaos yang sering kita jumpai memiliki perbedaan tergantung darimana produksi kaos tersebut. Pada umumnya, setiap bahan kaos produksi konveksi menyesuaikan harga dan permintaan customer. Di bawah ini kami paparkan jenis – jenis bahan kaos :

  1. Cotton / Katun Combed

Bahan ini terbuat dari serat kapas alami. Memiliki tekstur halus, dingin, dan nyaman digunakan. Kaos dengan berbahan Katun Combed ini sangat cocok digunakan didaerah yang beriklim tropis karena sifatnya yang mudah menyerap keringat.

Beberapa jenis bahan katun combed menurut cirinya :

  • Bahan Katun Combed 20s

memiliki gramasi bahan kaos atara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt. Bahan 20s merupakan bahan yang paling populer di antara bahan Katun Combed yang lain. Bahkan jenis bahan kaos yang sering kita jumpai adalah katun combed 20s.

Bahan kain Katun Combed sering dianjurkan oleh konveksi kaos sebagai pilihan favorit karena penjual bahan dengan jenis ini banyak ditemukan dimana-mana bahkan sekarang banyak sekali produsen kaos polos 20s yang mempermudah konveksi maupun vendor sablon untuk melakukan produksi.

  • Bahan Katun Combed 24s

Untuk bahan Combed 24s, gramasi bahan kaos yang digunakan berkisar antara 170 – 210 gr/m2. Bahan kain Katun Combed 24s merupakan bahan yang paling banyak dicari karena karakter bahan ini tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

  • Bahan Katun Combed 30s

Bahan Combed 30s  tipis dan tidak panas. Bahan ini menggunakan gramasi yang berkisar antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt.

  • Bahan Katun Combed 40s

Bahan combed ini merupakan bahan paling tipis di antara Katun Combed lain, gramasi antara 110 – 120 gr/m2 dengan jenis rajutan Single Knitt.

  1. Cotton Carded

Dibanding dengan kain combed , kain cotton carded memiliki serat benang yang kurang halus. Kain ini merupakan kain KW1 dari kain combed sehingga hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan tidak rata. Hanya saja harga kain ini lebih murah.

  1. TC (Teteron Cotton)

Kaos ini merupakan kaos polos yang dibuat dari bahan 65% teteron dan 35% cotton. Jenis bahan ini tidak 100% katun. Namun kualitasnya cukup bagus karena bahannya masih tetap terasa lembut saat dipakai.

  1. Viscose

Kaos berbahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan untuk bahan kain. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasa digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan untuk menambah kecerahan warna.

Serat Viscose mempunyai ketahanan lembab yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut. Namun kain ini harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

  1. . Polyester

Polyester merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak bumi dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Kain jenis ini tipis, agak kasar, dan kurang bisa menyerap keringat sehingga kadang-kadang terasa panas.

  1. Hyget

Jenis bahan ini terbuat dari plastik dan sangat tipis,dan harganya sangat murah. Bahan hyget ini sangat cocok jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak.

 

Dikembangkan dari :  http://mallonlineindonesia.com/mengenal-jenis-jenis-bahan-kaos/

https://berkaos.com/perbedan-kaos-combed-20s-24s-30s-dan-40s/

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu