Tips Memilih Pakaian yang Berkualitas Baik March 19, 2018

Berbelanja pakaian merupakan salah satu hal yang menyenangkan, selain memenuhi kebutuhan gaya juga sebagai penghilang penat. Terlebih jika dilakukan bersama orang yang dikasihi. Kebanyakan orang akan langsung menanyakan kepada penjual tentang kualitas pakaian yang mereka inginkan, padahal kita sendiri bisa mengecek pakaian yang ingin dibeli secara mandiri. Berikut tips yang diberikan oleh Z.o. Zabrizkie, seorang fashion designer:

  1. Menerawang. Kasar atau tidaknya benang yang digunakan untuk menenun akan terlihat.  Selain itu, baju dari merek-merek minor, atau baju impor illegal (baju impor dari Cina, misalnya), tidak mencantumkan serat kain yang mereka gunakan.  Perhatikan serat kainnya, apabila mengilap, kemungkinan banyak dicampur polyester sehingga akan terasa panas saat digunakan. Selain itu, semakin baik kualitas suatu bahan, tenunannya akan semakin rapat.
  2. Menimbang-nimbang dan melambaikan bahan. Kain yang lebih bagus akan meliuk lebih luwes dan terasa lebih berat karena tenunannya lebih rapat. Meraba-raba juga dianjurkan, pakaian harus terasa nyaman di dua sisi.
  3. Cobalah meremas kain untuk melihat reaksi kain saat dikusutkan. Bahan yang kurang berkualitas lebih mudah kusut karena seratnya lebih mudah ditekukkan, pertanda serat yang digunakan adalah campuran.
  4. Tes pewarnaan dan kualitas pelapisan serat. Caranya dengan menggesekan kain pakaian satu sama lain, semakin banyak serat (bulu halus) yang berhamburan, kualitas kain semakin rendah.
  5. Memeriksa kelengkapan aksesorisnya, seperti kancing, lubang kancing. Jika baju memiliki sanggaan sabuk, tanyakan dimana sabuknya (andai anda tidak menemukannya di display).
  6. Mengecek kualitas jahitan. Pastikan tidak ada bagian baju yang terlewat sehingga berlubang. Cek juga obrasan, baju yang tidak diobras cenderung lebih cepat lepas jahitannya. Cobalah menarik bagian yang dijahit (untuk bahan stretch) agar anda tahu jahitan yang digunakan berkualitas atau tidak, jika jahitan tidak bisa ditarik, maka jahitan tersebut tidak sesuai.
Itulah beberapa tips cara memilih pakaian yang berkualitas, semoga bermanfaat.
Referensi:
lifestyle.kompasiana.com

Post a comment

Chat CS 1
Halo ... ada yang bisa dibantu